ASS, Widodo (2000) EARNERS’ INVOLVEMENT IN SYLLABUS DESIGN CONSTAINTS AND SOLUTIONS IN ANALYSING AND PURSUING THEIR NEEDS. Kajian Sastra, XXIV (1). pp. 26-33. ISSN 0852 0704
| PDF (Word to PDF conversion (via antiword) conversion from application/msword to application/pdf) - Published Version 6Kb |
Abstract
Para pengajar bahasa Inggris di Service English Unit (SEU) Universitas Dipoengoro pada umumnya melakukan analisis kebutuhan para peserta pelatihan bahasa inggris berdasarkan apa yang mereka asumsikan atau bayangkan. Mengingat para peserta kursus adalah orang-orang dewasa dengan berbagai kebutuhan dan keinginan, maka Seu seyogyanya menyelenggarakan kursus bahasa inngris yang benar benar sesuai dengan kebutuhan peserta kursus. Tujuan eksperimen ini ialah untuk mencari cara yang praktis dalam melibatkan para peserta kursus merancang silabus berdasarkan kebutuhan mereka. Suatu daftar pertanyaan yang dirancang oleh Nunan (1988) dipergunakan untuk mencari kebutuhan subjektif mereka, sementara itu juga dilakukan negosiasi untuk mengetahui kebutuhan objektif mereka. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa karena para peserta kursus tidak mengenal dengan baik istilah-istilah tentang fungsi bahasa yang mereka ingin kuasai, para pengajar mengalami kesulitan dalam memperoleh kebutuhan mereka, khususnya kebutuhan objektif mereka. Oleh karena itu, disarankan bahwa para peserta kursus diberi sebuah daftar fungsi bahasa yang dapat dipilih langsung oleh para peserta kursus dan dilakukan negosiasi secara teratur dengan mereka untuk menentukan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learners’ need, learners’ subjective needs, learners’ objective needs, syllabus design |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Humanities > Department of English |
ID Code: | 6806 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 15 Feb 2010 14:25 |
Last Modified: | 15 Feb 2010 14:25 |
Repository Staff Only: item control page