PENGARUH PENDIDIKAN GIZI DAN PEMBINAAN KANTIN SEHAT TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK PEMILIHAN MAKANAN JAJANAN ANAK SEKOLAH

Mayasari, Ira and Margawati, Ani and Kartasurya, Martha Irene (2017) PENGARUH PENDIDIKAN GIZI DAN PEMBINAAN KANTIN SEHAT TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK PEMILIHAN MAKANAN JAJANAN ANAK SEKOLAH. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (If you need this thesis, please come to Department of Nutrition Science, FK Undip) - Accepted Version
52Kb

Official URL: https://expocpnsbumn.blogspot.com/

Abstract

Latar Belakang: Makanan jajanan memberikan kontribusi besar bagi kebutuhan gizi anak sekolah,namun masih banyak yang belum memenuhi syarat kesehatan. Kantin sekolah yang sehat belum tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan gizi dan pembinaan kantin sehat terhadap pengetahuan, sikap dan praktik pemilihan makanan jajanan siswa sekolah dasar di SDN Kecamatan Gunungpati, Semarang. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain mixed method, kualitatif dan kuantitatif. Metode kuantitatif digunakan untuk menganalisis pengaruh pendidikan gizi pada siswa, sedangkan metode kualitatif pada pengelola kantin. Penelitian kuantitatif menggunakan desain quasy experimental, pre-post test control group.Kelompok perlakuan adalah 115 siswa SDN Sekaran 01, sedangkan kelompok kontrol adalah 103 siswa SDN Kandri 01. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan pengisian kuesioner terstruktur. Analisis data menggunakan ujiWilcoxon Signed Ranks TestdanMann Whitney U.Pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan pengamatan dan wawancara mendalam pada pengelola kantin di kedua SD tersebut. Hasil Penelitian: Pendidikan gizi pada siswa meningkatkan skor pengetahuan dari 10,6 ±1,2 menjadi 12,2 ±1,2 (p=0,001), sikap dari 15,9 ±1,3 menjadi 19,3 ±1,8 (p=0,002) dan praktik dari 39,4 ±4,4 menjadi 51,5 ±5,8 (p=0,014) pada kelompok perlakuan. Peningkatan pengetahuan (1,6 vs 0,9; p=0,001), sikap (3,5 vs 3,0; p=0,002) dan praktik (12,1 vs 10,9; p=0,014 )pada kelompok perlakuan lebih tinggi daripada pada kelompok kontrol. Pembinaan kantin sehat kepada pengelola kantin menghasilkan perubahan praktik pengelola kantin dalam mengolah dan menyediakan makanan jajanan bagi siswa. Simpulan:Pendidikan gizi dan pembinaan kantin sehat meningkatkan pengetahuan, sikap dan praktik siswa dalam pemilihan makanan jajanan dan pada pengelola kantin dalam mengolah dan menyajikan makanan jajanan.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Pengetahuan, sikap, praktik, makanan jajanan, pendidikan, kantin sehat
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
ID Code:67242
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:29 Nov 2018 10:32
Last Modified:29 Nov 2018 10:32

Repository Staff Only: item control page