Pengaruh Suhu terhadap Evaporasi Daun Teh Hijau Menggunakan Teknologi Agitated Thin-Film Evaporator Bertekanan Vakum (Effect of Temperature on Evaporation of Green Tea Leaves Using Agitated Thin-Film Vacuum Pressure Evaporator Technology)

HALIMAH, FAKHRIYAH (2018) Pengaruh Suhu terhadap Evaporasi Daun Teh Hijau Menggunakan Teknologi Agitated Thin-Film Evaporator Bertekanan Vakum (Effect of Temperature on Evaporation of Green Tea Leaves Using Agitated Thin-Film Vacuum Pressure Evaporator Technology). Undergraduate thesis, undip.

[img]
Preview
PDF (COVER)
144Kb
[img]
Preview
PDF (BAB I)
57Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II)
829Kb
[img]
Preview
PDF (BAB III)
49Kb
[img]
Preview
PDF (BAB IV)
272Kb
[img]
Preview
PDF (BAB IV)
272Kb
[img]PDF (BAB V)
Restricted to Repository staff only

70Kb
[img]
Preview
PDF (BAB VII)
53Kb
[img]PDF (BAB VI)
Restricted to Repository staff only

83Kb

Abstract

Daun teh hijau memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh. Minuman teh hijau merupakan cara tradisional yang sedang mengglobal untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan katekin dan flavonoid yang terkandung dalam teh hijau yang dipercaya mampu mencegah berbagai penyakit. Evaporasi adalah salah satu cara untuk menjadikan daun teh hijau menjadi ekstrak yang berkhasiat. Dalam penelitian ini, satu kilogram daun Teh hijau segar diblanching pada suhu 100 O C dalam 4 liter air selama 5 menit . setelah itu ekstrak akan diuapkan dengan 3 variasi suhu yaitu 50 O C, 55 O C dan 65 O C dalam alat Agitated Thin-Film Evaporator Bertekanan Vakum. Sampel akan diambil setiap 10 menit. Hasil optimum terdapat pada suhu 65 O C dengan nilai densitas dan viskositas berturut-turut yaitu 1,0160 gr/mL dan 1,39749 Cp. Hasil penilitian ini sesuai pula dengan jurnal yang dilakukan Handoko (2007) dimana pada range suhu tersebut merupakan suhu optimum unuk penguapan kandungan air pada ekstrak Teh hijau dan tetap menjaga senyawa polifenol dan flavonol yang terkandung pada daun Teh hijau.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:66756
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Nov 2018 11:38
Last Modified:21 Nov 2018 11:38

Repository Staff Only: item control page