HUBUNGAN KETAHANAN PANGAN KELUARGA DAN POLA ASUH DENGAN STATUS GIZI ANAK USIA 24-59 BULAN DI DAERAH PESISIR (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANDARHARJO KOTA SEMARANG)

FAIQOH , ROHMATUL BARIROH (2018) HUBUNGAN KETAHANAN PANGAN KELUARGA DAN POLA ASUH DENGAN STATUS GIZI ANAK USIA 24-59 BULAN DI DAERAH PESISIR (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANDARHARJO KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
46Kb

Abstract

Status gizi balita merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Hasil studi pendahuluan di Puskesmas Bandarharjo menujukkan prevalensi wasting (11,2%), underweght (9,0%), dan stunting (11,3%). Angka ini menunjukkan bahwa status gizi balita di pesisir menjadi masalah gizi masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan ketahanan pangan keluarga dan pola asuh dengan status gizi anak usia 24-59 bulan di daerah pesisir Kota Semarang. Jenis penelitian adalah survei analitik menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh ibu yang memiliki anak usia 24-59 bulan. Sampel dipilih dengan metode purposive sampling. Analisis bivariat menggunakan uji kolerasi Pearson dan Rank Spearman. Analisis multivariat menggunakan uji Regresi Linear Variable Dummy. Hasil analisis bivariat menunjukkan ada hubungan ketersediaan pangan dengan TKE, TKP dan status gizi BB/U dan TB/U (p<0,05), Akses pangan dengan TKP, dan status gizi BB/U dan TB/U (p<0,05), pemanfaatan pangan dengan TKE, TKP dan status gizi BB/U dan TB/U (p<0,05), keberagaman pangan dengan TKP (p<0,05), pola asuh dengan TKP (p<0,05), TKE dan TKP dengan status gizi BB/U dan TB/U. hasil analisis multivariat menunjukkan keberagaman pangan merupakan variabel yang paling mempengaruhi status gizi BB/TB, dan ketersediaan pangan merupakan variabel yang paling mempengaruhi status gizi BB/U san TB/U dengan nilai signifikan terkecil diantara variabel lain. Disarankan masyarakat dapat memanfaatkan sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan keluarga sekaligus meningkatkan sosial ekonomi, sehingga ketahanan pangan keluarga dapat terpenuhi Kata Kunci: ketahanan pangan keluarga, pola asuh, tingkat kecukupan zat gizi, status gizi balita

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:65439
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:02 Oct 2018 09:56
Last Modified:02 Oct 2018 09:56

Repository Staff Only: item control page