IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PENURUNAN AKTIVITAS PERDAGANGAN MEUBEL DI KORIDOR JALAN SOEKARNO HATTA KABUPATEN JEPARA

LIANTINA, Divya and MA'RIF, Samsul (2016) IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PENURUNAN AKTIVITAS PERDAGANGAN MEUBEL DI KORIDOR JALAN SOEKARNO HATTA KABUPATEN JEPARA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
83Kb

Abstract

Ekspor utama di Kabupaten Jepara adalah meubel ukir kayu. Pemanfaatan ruang di Kabupaten Jepara mayoritas dijadikan sebagai Industri Rumah Tangga berupa meubel ukir kayu, sehingga mayoritas ekspornya adalah meubel ukir. Meubel-meubel ini dipamerkan dengan showroom atau etalase di sepanjang jalan utama di Kabupaten Jepara. Salah satu koridor jalan komersial yang berada di Kabupaten Jepara adalah Koridor Jalan Soekarno Hatta. Perusahaan meubel di Kabupaten Jepara terbagi menjadi perusahaan meubel besar,sedang, kecil, dan rumah tangga. Perusahaan meubel ini terbagi berdasarkan jumlah tenaga kerja. Jalan Soekarno Hatta adalah jalan utama menuju Kota Jepara. Namun beberapa tahun terakhir mengalami penurunan fungsi kawasan perdagangan tersebut mulai terjadi setelah tahun 2000. Ekspor meubel setelah tahun 2000 mengalami ketidakstabilan. Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah ketidakstabilan ekspor meubel merupakan salah satu faktor penyebab penurunan aktivitas kawasan perdagangan Meubel di Sepanjang Koridor Jalan Soekarno Hatta ataukah terdapat faktor lain.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:64624
Deposited By:Jurnal Planologi
Deposited On:12 Sep 2018 10:15
Last Modified:12 Sep 2018 10:15

Repository Staff Only: item control page