Aulia, Ratri Kusumastuti (2018) Hubungan Brand Image, Brand Prestige, Lifestyle, dan Social Influence dengan Keputusan Pembelian Produk Tiruan Merek Chanel. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.
| PDF 591Kb | |
| PDF 471Kb | |
PDF Restricted to Repository staff only 776Kb | ||
| PDF 325Kb | |
PDF Restricted to Repository staff only 90Kb |
Abstract
Dewasa ini, produk fashion tidak hanya menjadi sebuah kebutuhan namun juga menjadi gaya hidup. Seiring berkembangnya industri fashion, tak dapat dipungkiri bahwa produk tiruan juga hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk fashion. Minat konsumen yang lebih tinggi pada merek mewah sering kali berbenturan dengan kemampuan ekonomi, sehingga untuk memenuhi keinginan pasar konsumen kelas bawah ini, terjadilah counterfieting. Salah satu produk bermerek mewah yang banyak beredar adalah produk tiruan merek Chanel. Pertumbuhan tingkat produksi barang imitasi ini diimbangi dengan jumlah konsumsinya, sehingga secara tidak langsung konsumen ikut terlibat dalam berkembangnya produk imitasi di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara brand image, brand prestige, lifestyle, dan social influence dengan keputusan pembelian produk tiruan merek Chanel. Penelitian ini menggunakan hasil temuan dari penelitian mengenai pengaruh brand image terhadap purchase decision, Conspicuous Consumption Model, Consumer Decision Model, dan Social Communication Theory. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanatori. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Sampel dari penelitian ini adalah wanita dengan usia 15 sampai 40 tahun yang mengetahui produk tiruan merek Chanel di Kota Semarang. Jumlah responden yaitu 50 orang yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan menggunakan Chi Square dengan program SPSS, hasil uji antara setiap variabel X dengan variabel Y adalah nilai signifikansinya kurang dari 0,01 yang berarti sangat signifikan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa brand image memiliki hubungan positif dengan keputusan pembelian produk tiruan merek Chanel dan juga brand prestige memiliki hubungan positif dengan keputusan pembelian produk tiruan merek Chanel. Sementara, hasil pengujian mengenai hubungan lifestyle maupun social influence dengan keputusan pembelian produk tiruan merek Chanel tidak dapat disimpulkan. Disarankan dengan hasil tersebut, pegujian menggunakan Chi Square harus memiliki sampel lebih banyak. Selain itu, pelaku bisnis dapat meningkatkan citra dan prestise pada brand yang mereka miliki supaya konsumen yakin dalam melakukan pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
ID Code: | 64423 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 07 Sep 2018 10:47 |
Last Modified: | 07 Sep 2018 10:47 |
Repository Staff Only: item control page