ANALISIS PENGELOAAN ASET DI RUMAH SAKIT MILIK TNI ANGKATAN DARAT (Studi Kasus: Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang)

YASINDA , CAESAR YUNIARSO (2018) ANALISIS PENGELOAAN ASET DI RUMAH SAKIT MILIK TNI ANGKATAN DARAT (Studi Kasus: Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF
387Kb
[img]
Preview
PDF
221Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

249Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

266Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

108Kb

Abstract

Rumah sakit merupakan salah satu badan layanan yang dimiliki pemerintah atau swasta yang ditujukan untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dibidang kesehatan. Dalam perkembangan zaman, rumah sakit terus berkembang guna memenuhi tuntutan pasar dan juga menjawab kebutuhan akan kesadaran masyarakat tentang kesehatan. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan menejemen salah satunya adalah menejemen pada aset fisik. Manajemen aset ini dilakukan agar aset tersebut dapat memberikan manfaat tertinggi bagi perusahaan maupun pemerintah karena aset merupakan bagian yang penting dalam pencapaian tujuan dari pemilik aset. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah staff Rumah Sakit Tk. III Bhakti Wira Tamtama Semarang. Selanjutnya yang menjadi objek penelitian ini adalah kebijakan, aset, pengelolaan dalam aset fisik milik Rumah Sakit Tk. III Bhakti Wira Tamtama Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara. Hasil penelitian membuktikan bahwa pengelolaan aset fisik di Rumah Sakit Tk. III Bhakti Wira Tamtama Semarang dikelola oleh 3 unit kerja yang memiliki tugas berbeda di setiap devisinya, yaitu URDAL (Urusan Dalam), URJANGMED (Urusan Penunjang Medik), ULP (Unit Layanan Pengadaan) hal ini ditujukan agar penanganan menjadi terarah dan tepat sasaran. Sedangkan hambatan yang pengelolaan aset fisik di Rumah Sakit Tk. III Bhakti Wira Tamtama Semarang adalah hambatan mengenai dana, alur yang terlalu panjang, dan pembangunan yang terganggu, dan banyak bangunan yang sudah termakan usia. Saran yang diberikan penulis kepada Rumah Sakit Tk. III Bhakti Wira Tamtama Semarang dalam pengelolaan menejemen aset fisiknya adalah dengan memprioritaskan aset mana yang perlu untuk dibeli maupun diperbaiki, dengan mempersingkat alur pengadaan, dan membuat batas aman ketika dalam batas perbaikan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:64366
Deposited By:Perpustakaan Fisip
Deposited On:07 Sep 2018 09:53
Last Modified:07 Sep 2018 09:53

Repository Staff Only: item control page