KESESUAIAN TERMOMETER DIGITAL DENGAN TERMOMETER AIR RAKSA DALAM MENGUKUR SUHU AKSILA PADA DEWASA MUDA(Studi Observasional pada Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang)

Darwis, Indah Dayanti and BASYAR, EDWIN and ADRIANTO, ARI (2018) KESESUAIAN TERMOMETER DIGITAL DENGAN TERMOMETER AIR RAKSA DALAM MENGUKUR SUHU AKSILA PADA DEWASA MUDA(Studi Observasional pada Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang). Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
465Kb
[img]
Preview
PDF
170Kb
[img]
Preview
PDF
1211Kb
[img]
Preview
PDF
1013Kb

Abstract

Latar Belakang Evaluasi suhu tubuh merupakan salah satu metode diagnostik tertua yang dikenal dan masih merupakan tanda penting untuk mengetahui status kesehatan seseorang, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam bidang medis. Termometer air raksa yang merupakan gold standar dalam pengukuran suhu sudah banyak ditinggalkan karena bahaya merkuri yang merugikan bagi manusia dan digantikan dengan termometer digital yang lebih ramah lingkungan. Tujuan Membuktikan adanya kesesuaian termometer digital dengan termometer air raksa dalam mengukur suhu aksila pada dewasa muda. Metode Sebanyak 32 orang subyek penelitian dipilih secara simple random sampling dan dilakukan pengukuran suhu aksila secara bersamaan menggunakan termometer digital dan termometer air raksa sebanyak tiga kali pengukuran untuk setiap subyek. Data hasil pengukuran kemudian dianalisis statistik menggunakan uji Intraclass Correlation Coefficient (ICC) for Absolute Agreement. Hasil Rerata suhu aksila menggunakan termometer digital yaitu 36,02 ± 0,49 dan rerata suhu menggunakan termometer air raksa yaitu 36,34 ± 0,41. Hasil uji kesesuaian menggunakan ICC didapatkan kesesuaian derajat sedang (ICC = 0,550). Kesimpulan Terdapat kesesuaian derajat sedang antara termometer digital dan termometer air raksa dalam mengukur suhu aksila pada dewasa muda. Kata Kunci Termometer digital, termometer air raksa, suhu aksila, kesesuaian pengukuran suhu tubuh.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Termometer digital, termometer air raksa, suhu aksila, kesesuaian pengukuran suhu tubuh
Subjects:Q Science > QC Physics
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:64158
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:31 Aug 2018 11:51
Last Modified:31 Aug 2018 11:51

Repository Staff Only: item control page