HUBUNGAN ANTARA PEER SUPPORT DENGAN SELF-REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA BIDIKMISI TAHUN PERTAMA UNIVERSITAS DIPONEGORO

Prameswari, Stella Dyah and Ariati, Jati (2018) HUBUNGAN ANTARA PEER SUPPORT DENGAN SELF-REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA BIDIKMISI TAHUN PERTAMA UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img]
Preview
PDF
253Kb
[img]
Preview
PDF
105Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara peer support dengan self-regulated learning pada mahasiswa bidikmisi tahun pertama di Universitas Diponegoro Semarang. Self-regulated learning bagi peserta didik berperan penting untuk mengatur pembelajaran agar dapat mencapai tujuan belajar. Self-regulated learning yang dimiliki mahasiswa tak lepas dari faktor lingkungan, salah satunya adalah kawan sebaya (peer). Peer support yang dirasakan atau diterima oleh mahasiswa pada fase remaja, membantu mahasiswa pada proses belajar yang secara langsung maupun tidak langsung dapat memengaruhi self-regulated learning mahasiswa. Hipotesis dari penelitian ini adalah adanya hubungan yang positif antara peer support dengan self-regulated learning. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa program S1 bidikmisi tahun pertama Universitas Diponegoro Semarang yang berjumlah 1280 orang. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa program S1 bidikmisi tahun pertama Universitas Diponegoro sebanyak 297 orang yang diambil menggunakan teknik incidental sampling. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi yaitu skala yang dimodifikasi dari Social Provisions Scale (16 aitem valid, α = 0,838) dan skala yang diadaptasi dari Skala Self-Regulated Learning (14 aitem valid, α = 0,832). Metode analisis data yang digunakan adalah Spearman’s Rho. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi rxy = 0,304 dengan p = 0,000 (p<0,01) yang berarti terdapat hubungan positif antara peer support dengan self-regulated learning. Semakin tinggi peer support maka semakin tinggi self-regulated learning, sebaliknya semakin rendah peer support maka semakin rendah self-regulated learning.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:63482
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Feb 2019 14:21
Last Modified:18 Feb 2019 14:21

Repository Staff Only: item control page