ANALISIS SEBARAN REKLAME BILLBOARD TERHADAP LOKASI DAN NILAI PAJAK REKLAME BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (STUDI KASUS : DI KOTA SEMARANG)

Sudarsono, Bambang and Nugraha, Arief Laila and Suprayogi, Andri and 21110112130040, DYAH WIDYANINGRUM (2018) ANALISIS SEBARAN REKLAME BILLBOARD TERHADAP LOKASI DAN NILAI PAJAK REKLAME BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (STUDI KASUS : DI KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Cover Image
638Kb
[img]PDF - Draft Version
Restricted to Repository staff only

137Kb
[img]PDF - Draft Version
Restricted to Repository staff only

1011Kb
[img]PDF - Draft Version
Restricted to Repository staff only

213Kb
[img]PDF - Draft Version
Restricted to Repository staff only

1172Kb
[img]PDF - Draft Version
Restricted to Repository staff only

11Kb
[img]
Preview
PDF
123Kb
[img]
Preview
PDF - Cover Image
3874Kb

Abstract

ABSTRAK Periklanan memegang peranan cukup penting dalam perkembangan perekonomian di Indonesia. Keberhasilan dari suatu perekonomian secara nasional banyak ditentukan oleh kegiatan-kegiatan periklanan. Reklame merupakan salah satu sarana dalam mempresentasikan suatu pesan berupa barang atau jasa. Reklame di kelola oleh pemerintah daerah dan terdapat pajak dari pemasangan iklan tersebut, yang sering disebut dengan pajak reklame. Penyelenggaraan reklame di kota Semarang diatur pada Peraturan Daerah no 14 tahun 2012, yang mana juga mengatur tentang pajak reklame. Salah satu faktor dalam penentuan pajak reklame adalah posisi strategis dari tempat reklame tersebut. Analisis dari persebaran reklame dan nilai pajaknya dapat dilakukan dengan menggunakan software berbasis SIG dalam pengolahannya. Data yang digunakan adalah data spasial yang berupa pengambilan koordinat reklame di lapangan dengan memanfaatkan GPS Handheld, dan data non spasial yang berupa nilai pajak dan informasi pajak dari setiap titik reklame yang kemudian di overlay sehingga dari setiap titik reklame memiliki informasi spasial dan non spasial. Hasil dari penelitian ini adalah sebanyak 111 titik reklame yang telah di survei dilapangan dengan jumlah penerimaan pajak sebesar Rp. 3.262.105.125,00 / tahun yang mana nilai tersebut akan masuk manjadi pendapatan asli daerah kota Semarang dari sektor pajak reklame. Dalam evaluasi tatanan reklame terdapat 74 titik antar reklame yang belum sesuai dengan peraturan daerah dan 10 titik reklame yang belum sesuai dengan ketetapan APIL. Terdapat pula 8 titik potensi reklame baru yang penempatannya telah sesuai dengan peraturan yang ada yang tersebar di 5 jalan pada wilayah studi penelitian. Kata Kunci : Reklame, Billboard, Pajak, SIG, Kota Semarang

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Geodesic Engineering
Faculty of Engineering > Department of Geodesic Engineering
ID Code:63024
Deposited By:nur kholis geodesi undip
Deposited On:18 Jul 2018 08:39
Last Modified:18 Jul 2018 08:39

Repository Staff Only: item control page