PERTANGGUNGJAWABAN EKSPEDISI MUATAN KAPAL LAUT (EMKL) DALAM HAL GANTI KERUGIAN ATAS KERUSAKAN ATAU KEHILANGAN BARANG KIRIMAN MELALUI LAUT (DI PT DANATRANS SERVICE LOGISTICS SEMARANG)

DEWI, ANGGITA NEVIANA and Njatriani, Rinitami and Saptono, Hendro (2017) PERTANGGUNGJAWABAN EKSPEDISI MUATAN KAPAL LAUT (EMKL) DALAM HAL GANTI KERUGIAN ATAS KERUSAKAN ATAU KEHILANGAN BARANG KIRIMAN MELALUI LAUT (DI PT DANATRANS SERVICE LOGISTICS SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
353Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

248Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

325Kb
[img]
Preview
PDF
187Kb

Abstract

Pengangkutan merupakan sarana yang utama untuk menghubungkan antara kota yang satu dengan kota yang lain, pulau yang satu dengan pulau yang lain, terlebih negara yang satu dengan negara yang lain. Salah satu jenis pengangkutan adalah pengangkutan melalui laut. Pihak penunjang dalam pengangkutan salah satunya adalah Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) yaitu kegiatan usaha mengurus dokumen dan melaksanakan pekerjaan yang menyangkut penerimaan dan penyerahan barang yang diangkut melalui lautan untuk diserahkan kepada atau diterima dari perusahaan pelayaran bagi kepentingan pemilik barang. Dalam proses pengiriman barang ini tentunya terdapat permasalahan seperti hilang atau rusaknya barang kiriman melalui laut, sehingga EMKL memberikan tanggung jawab sesuai dengan kapasitasnya. Salah satu perusahaan EMKL di Semarang ialah PT Danatrans Service Logistics (PT DSL) yang digunakan sebagai objek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk Pertama mengetahui tanggung jawab PT DSL terhadap barang kiriman melalui laut apabila terjadi kerusakan atau kehilangan, Kedua mengetahui bagaimana sistem pertanggungjawaban dan dasar dasar perhitungan ganti kerugian terhadap PT DSL. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis empiris. Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah pengamatan atau observasi dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Metode penyajian data yang dilakukan adalah editing. Berdasarkan hasil penelitian, PT DSL tidak bertanggung jawab karena sudah ada tanggung jawab sendiri secara fisik dan dokumen. Tanggung jawab ini menjadi tanggung jawab bersama antara PT DSL dengan pengirim barang. Sistem pertanggungjawabanialah Tackle to Tackle dan dasar perhitungan sesuai dengan apa yang ada di perjanjian.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:62702
Deposited By:Ms Fahim FH
Deposited On:28 Jun 2018 12:04
Last Modified:28 Jun 2018 12:04

Repository Staff Only: item control page