KONTRIBUSI PELABUHAN INDONESIA II CABANG TANJUNG PRIOK TERHADAP PEMBANGUNAN RUANG TERBUKA HIJAU PEMERINTAH DAERAH MELALUI CSR DI TAHUN 2017

Rizqi , Junianto (2018) KONTRIBUSI PELABUHAN INDONESIA II CABANG TANJUNG PRIOK TERHADAP PEMBANGUNAN RUANG TERBUKA HIJAU PEMERINTAH DAERAH MELALUI CSR DI TAHUN 2017. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF
326Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

292Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

565Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

751Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

97Kb

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) atau lebih dikenal sebagai tanggung jawab sosial perusahaan merupakan salah satu kegiatan wajib perusahaan dalam menjalani tanggung jawab sosial kepada masyarakat yang telah diatur dalam UU No.40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT). PT Pelindo II Cabang Tanjung Priok adalah salah satu perusahaan besar yang memiliki program CSR yang berada di Jakarta Utara. Adapun kegiatan yang dilakukan melalui program CSR seperti Ruang Terbuka Hijau, Ruang Terbuka Hijau memiliki manfaat yang sangat penting di dalam kawasan perkotaan, manfaatnya pada kehidupan masyarakat perkotaan dapat dirasakan secara langsung dan tak langsung. Ruang terbuka hijau di DKI Jakarta hanya 9,98% dari total luas wilayah 664,01 Km2. Angka ini masih jauh dari 30% target dari Pemerintah DKI yang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang. Untuk menjawab permasalahan penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Pelindo II Cabang Tanjung Priok. Teknik penelitian ini dilakukan pada kondisi yang alamiah, sumber data primer dan sekunder. Data penelitian ini didapatkan melalui wawancara mendalam dan memanfaatkan studi dokumentasi serta penelusuran media online. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa Pelindo II cabang tanjung priok melakukan Kerjasama dengan Pemerintah DKI Jakarta melalui program CSR. Kerjasama tersebut ialah Ruang terbuka hijau yang berupa Taman di Jakarta utara. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2017 sampai 28 Februari 2018. Dalam HUT IPC, Pelindo II cabang Tanjung Priok berkontribusi kepada pemerintah DKI Jakarta dengan membangun Taman (RTH). Pelindo II cabang tanjung priok membantu 1,20% untuk wilayah Jakarta utara atau 0,04% untuk DKI Jakarta dari anggaran Ruang terbuka hijau Pemerintah Jakarta utara dan DKI Jakarta tahun 2017. Dengan begitu Pelindo II cabang tanjung priok menyumbangkan 54,93% dari anggaran CSRnya. meskipun kecil sumbangannya, akan tetapi dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat sekitar, adapun manfaatnya untuk Manfaat Sosial, Ekonomi, pendidikan dan Ekologi. Pembangunan Taman tersebut memiliki Proses atau tahapan-tahapan, Tahapan tersebut meliputi Perencanaan, Pelaksanaan, Pengawasan dan yang terakhir tahap finishing. Kemudian untuk menjaga dari kerusakan pelindo II cabang tanjung priok juga memberikan pemeliharaan terhadap Taman tersebut selama 1 tahun, setelah 1 tahun berakhir pemeliharaan tersebut akan di ambil oleh Pemerintah Jakarta utara.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Government Finance
ID Code:62680
Deposited By:Perpustakaan Fisip
Deposited On:04 Sep 2018 09:41
Last Modified:04 Sep 2018 09:42

Repository Staff Only: item control page