PENGELOLAAN ASET DAERAH DALAM RANGKA PENGAMANAN DAN PEMELIHARAAN ASET TANAH PADA BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAN ASET DAERAH (BPKAD) KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Ina , Muntari (2018) PENGELOLAAN ASET DAERAH DALAM RANGKA PENGAMANAN DAN PEMELIHARAAN ASET TANAH PADA BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAN ASET DAERAH (BPKAD) KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF
301Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

351Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

327Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

224Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

91Kb

Abstract

Tugas Akhir ini disusun untuk memenuhi syarat agar dapat menyelesaikan pendidikan Diploma III pada Program Studi Keuangan Daerah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang. Tugas Akhir ini dibuat untuk mengetahui bagaimana pengelolaan aset daerah dalam rangka pengamanan dan pemeliharaan aset tanah pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Musi Banyuasin. Tugas Akhir ini berjudul “Pengelolaan Aset Daerah dalam Rangka Pengamanan dan Pemeliharaan Aset Tanah pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Musi Banyuasin”. Otonomi daerah yang diberikan kepada daerah kabupaten atau kota dilaksanakan dengan memberikan kewenangan yang luas dan nyata serta bertanggungjawab. Salah satu kewenangan tersebut yakni adanya desentralisasi, khususnya dalam manajemen keuangan. Manajemen keuangan berkaitan dengan manajemen aset yang berhubungan dengan kekayaan daerah. Aset tanah merupakan salah satu aset daerah yang paling sulit dalam pengamanan dan pemeliharaannya. Hal ini disebabkan masih kurangnya pemahaman pengelola aset mengenai peraturan yang sah, administrasi kepemilikan aset tidak tertib serta aset tanah yang belum diserahkan status penggunaannya kepada Pemeritah Kabupaten Musi Banyuasin. Oleh karena itu, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Musi Banyuasin melakukan optimalisasi pengamanan dan pemeliharaan aset tanah dengan mengidentifikasi aset-aset yang ada, mengembangkan database aset dengan aplikasi SIMDA BMD (Sistem Informasi Manajemen Daerah).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Government Finance
ID Code:62678
Deposited By:Perpustakaan Fisip
Deposited On:04 Sep 2018 10:18
Last Modified:04 Sep 2018 10:18

Repository Staff Only: item control page