OPTIMALISASI PEMUNGUTAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2013 – 2017

Endah Rahmawati , Rahmawati (2018) OPTIMALISASI PEMUNGUTAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2013 – 2017. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF
433Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

301Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

385Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

152Kb

Abstract

Tugas Akhir ini disusun untuk memenuhi syarat agar dapat menyelesaikan pendidikan Diploma III pada Program Studi Keuangan Daerah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang. Tugas Akhir ini dibuat untuk mengetahui bagaimana upaya optimalisasi pemungutan pajak bumi dan bangunan pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Pekalongan. Tugas Akhir ini berjudul “Optimalisasi Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Pekalongan Tahun 2013 – 2017” Pajak daerah merupakan salah satu komponen dari pendapatan asli daerah yang mempunyai kontribusi dan potensi besar bagi daerahnya. Pajak daerah dipungut oleh pemerintah daerah dan digunakan untuk membiayai rumah tangga daerahnya sendiri. Perkembangan tentang pajak daerah yaitu pelimpahan kewenagan pemungutan pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan yang pungutannya diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah. Reformasi pada tingkat struktur pemerintahan dikenal dengan kebijakan desentralisasi dan pemungutan pemerintah daerah disebut dengan otonomi daerah. Pelaksanaan desentralisasi dan otonomi daerah salah satunya tentang pemungutan jenis pajak yang dahulu dikelola pemerintah pusat, sekarang diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah. Perolehan pajak bumi dan bangunan pada Kabupaten Pekalongan sudah mencapai target, akan tetapi masih terdapat wajib pajak yang menunggak pembayaran dan piutang pajaknya dari tahun ke tahun semakin meningkat. Oleh karena itu Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Pekalongan melakukan upaya pengelolaan, optimalisasi dalam pemungutan pajak bumi dan bangunan dengan cara memberikan sosialisasi kepada wajib pajak dan mengupayakan pendistribusian SPPT dengan baik serta meningkatkan strategi perolehan pajak.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Government Finance
ID Code:62675
Deposited By:Perpustakaan Fisip
Deposited On:04 Sep 2018 10:19
Last Modified:04 Sep 2018 10:19

Repository Staff Only: item control page