PENDEKATAN FAKTUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN KEPRIBADIAN SISWA

Merlinda Putri, Tiva (2017) PENDEKATAN FAKTUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN KEPRIBADIAN SISWA. In: PIBSI XXXIX, 7-8 November 2017, Semarang.

[img]
Preview
PDF
317Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/62241

Abstract

Berbagai pilihan untuk mengatasi masalah karakter dan pembangunan karakter di semua elemen masyarakat telah diupayakan pemerintah beserta stakeholders. Seperti membuat peraturan, undang-undang, peningkatan upaya pelaksanaan dan penerapan hukum yang lebih kuat, dan sebagainya. Salah satu pilihan yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan karakter sudah banyak dibicarakan, salah satunya dengan pendidikan karakter. Pendidikan karakter dianggap sebagai upaya preventif untuk mengatasi permasalahan dekandensi moral bangsa ini. Proses pembelajaran yang baik dan tepat dianggap dapat menjadi sarana yang tepat untuk pengajaran karakter di sekolah, dan salah satunya melalui mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Banyak aspek pendidikan yang diperoleh melalui pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, misalnya aspek pendidikan moral, keagamaan, kebahasaan, dan sebagainya. Guru sebagai perancang pembelajaran di kelas, melalui silabus dan RPP yang dibuat dapat memasukkan cerita, puisi, atau gambar-gambar dengan pendekatan faktual, misalkan, cerita yang diangkat dalam pembelajaran adalah cerita atau kisah nyata tentang kebakaran hutan, banjir, tanah longsor dan sebagainya. Guru dapat mengajarkan cerita, kisah, atau teks-teks atau puisi-puisi yang terilhami dari kisah atau kejadian nyata tersebut dalam empat keterampilan berbahasa, yaitu bisa dijadikan media dalam pembelajaran menyimak, menulis, membaca, atau berbicara.. Pembelajaran yang berorientasi faktual dapat membimbing siswa terlatih bergaul dengan kenyataan konstekstual dengan lingkungan hidup siswa. Dengan demikian siswa mampu mendeteksi masalah-masalah nyata, mampu mendeteksi kesenjangannya, mampu memecahkan solusinya, mampu mengkonseptualisasikan makna dari kenyataan itu, dan dari sinilah maka siswa akan memperoleh kemampuan dan pengetahuan dari hasil kegiatannya sendiri. Kata Kunci: pendekatan faktual, pembelajaran, kepribadian

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics > P98-98.5 Computational linguistics. Natural language processing
ID Code:62241
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 May 2018 18:59
Last Modified:07 May 2018 18:59

Repository Staff Only: item control page