PERBEDAAN PROKRASTINASI AKADEMIK ANTARA MAHASISWA YANG MENGGUNAKAN KOPING STRES BERORIENTASI MASALAH DENGAN KOPING STRES BERORIENTASI EMOSI

Subagio, Theresia Monica and WARDANI, NATALIA DEWI and Hadiati, Titis (2018) PERBEDAAN PROKRASTINASI AKADEMIK ANTARA MAHASISWA YANG MENGGUNAKAN KOPING STRES BERORIENTASI MASALAH DENGAN KOPING STRES BERORIENTASI EMOSI. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
601Kb
[img]
Preview
PDF
381Kb
[img]
Preview
PDF
836Kb
[img]
Preview
PDF
400Kb

Abstract

Latar belakang : Prokrastinasi akademik merupakan jenis prokrastinasi yang umum terjadi pada mahasiswa. Mahasiswa menggunakan strategi koping dalam menghadapi stresor. Beberapa strategi koping ditemukan dapat meningkatkan kecenderungan seseorang untuk melakukan prokrastinasi akademik. Dengan demikian dilakukan penelitian perbedaan prokrastinasi akademik antara mahasiswa yang menggunakan koping stres berorientasi masalah dengan emosi. Pengaruh faktor demografi terhadap prokrastinasi akademik juga diteliti. Tujuan : Menganalisis perbedaan prokrastinasi akademik antara mahasiswa yang menggunakan koping stres berorientasi masalah dengan emosi dan menganalisis perbedaan prokrastinasi akademik pada mahasiswa dengan jenis kelamin dan tempat tinggal yang berbeda. Metode : Penelitian observasional dengan desain cross – sectional dan cara sampling total sampling. Mahasiswa yang bersedia untuk mengikuti penelitian mengisi lembar informed consent, kuesioner demografi, kuesioner Procrastination Assessment Student Scale (PASS) dan kuesioner Ways of Coping ( WOC ). Analisis statistik menggunakan uji t test tidak berpasangan dan uji Mann – Whitney. Hasil penelitian : Mahasiswa yang menggunakan koping berorientasi masalah dengan berorientasi emosi didapatkan memiliki perbedaan yang tidak bermakna pada prevalensi (p=0,402), masalah (p=0,655), keinginan mengurangi (p=0,343), alasan task aversiveness (p=0,064), fear of failure (p=0,352), dan sensation seeking (p=0,352) prokrastinasi akademik, memiliki perbedaan yang bermakna pada frekuensi prokrastinasi akademik (p=0,002). Prevalensi prokrastinasi akademik didapatkan berbeda bermakna pada mahasiswa yang berbeda jenis kelamin (p=0,015) namun berbeda tidak bermakna pada mahasiswa yang berbeda tempat tinggal (p=0,122). Simpulan : Tidak terdapat perbedaan prevalensi, masalah, keinginan mengurangi, alasan prokrastinasi akademik, terdapat perbedaan pada frekuensi prokrastinasi akademik antara kedua jenis kelompok koping stres. Prevalensi prokrastinasi akademik berbeda pada mahasiswa yang berbeda jenis kelamin namun tidak berbeda pada mahasiswa yang berbeda tempat tinggal. Kata kunci : Prokrastinasi akademik, koping stres, mahasiswa tahun pertama, jenis kelamin, tempat tinggal

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Prokrastinasi akademik, koping stres, mahasiswa tahun pertama, jenis kelamin, tempat tinggal
Subjects:R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:61962
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Apr 2018 14:59
Last Modified:16 Apr 2018 14:59

Repository Staff Only: item control page