HUBUNGAN EFISIENSI RUANG RAWAT INAP DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TIDAR MAGELANG PADA BULAN JANUARI TAHUN 2001

NUGRAHENI, WAHYUNING (2001) HUBUNGAN EFISIENSI RUANG RAWAT INAP DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TIDAR MAGELANG PADA BULAN JANUARI TAHUN 2001. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Mutu pelayanan rumah sakit merupakan hasil interaksi dan ketergantungan antara rumah sakit sebagai suatu system yaitu struktur, proses dan out come. Struktur dan proses membentuk mutu pelayanan ya akan mempengaruhi kepuasan pasien. Efisiensi sebagai salah satu aspek dalam mutu pelayanan kesehatan, menyangkut pemanfaatan semua sumber daya di rumah sakit secaera berdaya guna dan berhasil guna dapat dilihat dari segi ekonomi dan medis. Tujuan penelitian adalah mengetahui keeratan hubungan efisiensi ruang rawat inap dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit Umum daerah Tidar Magelang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah met survei penjelasan Explanatory Research dengan pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 84 responden yang diambil dari paien rawat inap di bangsal B, C, F, dan bangsal G dan unit kebidanan Budi Rahayu yang berumur 18-65 tahun. Teknik pengambilan data dengan wawancara langsung dengan responden menggunakan kuesioner dan pencatatan data sensus harian tiap bangsal. Januari 2001 pelayanan bangsal G efisien, sedang bangsal B, C, F dan Budi Rahayu tidak efisien. Hasil wawancara menunjukkan lebih dari 4/5 responden menyatakan puas terhadap kompetensi petugas, hubungan interpersonal dengan petugas, kenyamanan selama perawatan dan biaya dibandingkan menffaat yang diperoleh, dan sisanya merasa biasa-biasa. Analisa data dengan menggunakan tes kontingensi pada signifikansi 0,05 diperoleh hasil yang tidak adalah hubungan bermakna antara efisiensi ruang rawat inap dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap. Ketidak puasan responden terutama pada kondisi kamar mandi dan ketenangan ruangan sehingga perlu perbaikan danperawatan kamar mandi dan kedisiplinan jam berkunjung agar pasien menjadi lebih nyaman. Pemanfaatan tempat tidur di bangsal B, C, dan budi rahayu masih dibawah standar Barber-Johnson maupun depkes RI sehingga perlu penyebarluasan informasi mengenai keistimewaam rumah sakit seperti dokter ahli, kompetensi perawat dan keramahan petugas kesehatan, melalui penyebaran leaflet. Kata Kunci: EFISIENSI, KEPUASAN PASIEN, RSUD TIDAR MAGELANG

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:6194
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Feb 2010 13:48
Last Modified:01 Feb 2010 13:48

Repository Staff Only: item control page