PERUBAHAN PENGETAHUAN SISWA SMA TENTANG LENSA KONTAK SEBELUM DAN SESUDAH EDUKASI

Andini, Artdiana Wisnuningtyas and Rahmi, Fifin Luthfia and Wildan, Arief (2018) PERUBAHAN PENGETAHUAN SISWA SMA TENTANG LENSA KONTAK SEBELUM DAN SESUDAH EDUKASI. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
448Kb
[img]
Preview
PDF
808Kb
[img]
Preview
PDF
840Kb
[img]
Preview
PDF
486Kb

Abstract

Latar Belakang: Lensa kontak diciptakan sebagai protesa okuler yang berfungsi untuk memperbaiki visus. Siswa SMA seringkali memiliki pengetahuan yang kurang mengenai penggunaan, perawatan, dan bahaya dari lensa kontak. Edukasi diperlukan agar pengetahuan siswa SMA tentang lensa kontak menjadi lebih baik. Tujuan: Mengetahui perubahan tingkat pengetahuan siswa SMA terhadap penggunaan, pawatan, dan bahaya lensa kontak sebelum dan sesudah edukasi. Metode: Penelitian quasi eksperimental one groups pre and post design dilaksanakan di SMA Kolese Loyola. Sampel penelitian adalah siswa kelas 2 SMA (n=35) yang setuju untuk menjadi subjek setelah pemberian informed consent kemudian diberi kuesioner pre test, dilanjutkan pemberian edukasi, dan berakhir dengan pemberian kuesioner post test. Tingkat pengetahuan diukur dengan menggunakan kuesioner yang telah divalidasi oleh 3 ahli. Analisis statistik yang digunakan adalah uji Saphiro Wilk dan Uji Wilcoxon. Hasil: Didapatkan kenaikan rerata tingkat pengetahuan siswa SMA sebelum dan sesudah edukasi yakni sebanyak 2,19 ± 0,10. Peningkatan ini dapat dilihat dari skor awal dengan rerata 15,54 ± 1,63 menjadi 17,73 ± 1,73 setelah pemberian edukasi. Dari uji Wilcoxon didapatkan bahwa peningkatan pengetahuan sebelum dan sesudah edukasi dinilai bermakna (p<0,000). Kesimpulan : Didapatkan peningkatan pengetahuan siswa SMA tentang cara penggunaan, perawatan,dan bahaya lensa kontak sesudah edukasi. Kata Kunci : lensa kontak, tingkat pengetahuan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RE Ophthalmology
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:61939
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Apr 2018 11:45
Last Modified:13 Apr 2018 11:45

Repository Staff Only: item control page