APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (PMW) MENGGUNAKAN METODE MOORA (Studi Kasus: Bagian Kesejahteraan Mahasiswa Universitas Diponegoro)

Wardianta, Kadek Yobi and Bahtiar, Nurdin (2017) APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (PMW) MENGGUNAKAN METODE MOORA (Studi Kasus: Bagian Kesejahteraan Mahasiswa Universitas Diponegoro). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

444Kb

Abstract

PMW adalah suatu program yang digagas oleh Dikti untuk dikembangkan ke dalam kehidupan kampus guna merangsang jiwa kewirausahaan dalam diri mahasiswa. PMW adalah singkatan dari Program Mahasiswa Wirausaha. Program ini dilaksanakan setiap tahun pada hampir seluruh Universitas negeri dan Swasta di Indonesia, termasuk di Universitas Diponegoro. Bagian Kesejahteraan Mahasiswa Universitas Diponegoro bertanggung jawab dalam pelaksanaan program ini, termasuk proses seleksi yang ditujukan untuk menentukan tim mana yang akan menerima hibah dikti. Sejauh ini, proses seleksi yang dilakukan oleh tim penyeleksi belum memanfaatkan teknologi informasi, sehingga sebuah sistem pendukung keputusan diperlukan untuk dapat membantu proses seleksi serta mempermudah manajemen pengelolaan data. Penelitian ini menghasilkan sebuah Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan metode MOORA (Multi Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis) berbasis web. Kriteria yang digunakan yaitu jenis usaha, lokasi usaha, kelayakan pemasaran, kelayakan teknis, kelayakan manajemen dan kelayakan finansial. MOORA digunakan untuk menghasilkan peringkat nilai dari nilai kriteria yang dijadikan sebagai nilai akhir dalam proses seleksi. Hasil dari sistem ini yaitu perangkingan calon penerima dana Dikti sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan, yang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pemilihan penerima dana Dikti. Dari hasil pengujian yang dilakukan dengan membandingkan hasil perhitungan Excel dan perhitungan Sistem diperoleh hasil 100%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:60786
Deposited By:Mrs. Rismiyati .
Deposited On:13 Feb 2018 15:03
Last Modified:13 Feb 2018 15:03

Repository Staff Only: item control page