SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PEGAWAI (SIPDAP) MENGGUNAKAN METODE UNIFIED PROCESS (Studi Kasus : Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Purworejo)

IRAWAN, WAHYU HERI and Riyanto, Djalal Er (2017) SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PEGAWAI (SIPDAP) MENGGUNAKAN METODE UNIFIED PROCESS (Studi Kasus : Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Purworejo). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

683Kb

Abstract

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) adalah badan yang mengelola data Aparatur Sipil Negara (ASN). BKD Kabupaten Purworejo tersebut merupakan unsur pendukung tugas pemerintah daerah di bidang kepegawaian daerah. Badan tersebut dipimpin oleh seorang Kepala Badan yang berkedudukan di bawah dan tanggungjawab kepada Bupati Kabupaten Purworejo melalui Sekretaris Daerah. Dalam mengolah data kepegawaian, BKD Kabupaten Purworejo sudah menggunakan aplikasi online dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan nama SAPK (Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian). SAPK belum dilengkapi fitur untuk mengelola data riwayat pegawai, rekapitulasi pegawai, statistik pegawai, dan mencari pegawai yang mencapai Batas Usia Pensiun (BUP) pada periode tertentu, yang menyebabkan keputusan pimpinan terkait dengan formasi, pengadaan, penerimaan, mutasi, dan promosi pegawai menjadi terhambat. Berdasarkan permasalahan tersebut dibuat sistem informasi pengolahan data pegawai menggunakan metode unified process untuk memenuhi kebutuhan BKD Kabupaten Purworejo. Sistem dibuat dengan bahasa pemrograman PHP, framework codeigniter, dan menggunakan DBMS MySQL. Sistem dapat menangani pengelolaan data riwayat pegawai, rekapitulasi pegawai, statistik pegawai, serta mencari pegawai yang akan mencapai BUP, sehingga dapat membantu keputusan pimpinan terkait dengan formasi, pengadaan, penerimaan, mutasi, dan promosi pegawai. Sistem diuji dengan pengujian fungsional sistem dengan metode black box dan pengujian usability yang meliputi learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction. Dari hasil pengujian usability, sistem informasi pengolahan data pegawai memperoleh persentase nilai keseluruhan 91%, dan berdasarkan kategori yang ada maka sistem masuk dalam kualifikasi sangat baik dan hasilnya berhasil.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:60614
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Feb 2020 15:47
Last Modified:07 Feb 2020 15:47

Repository Staff Only: item control page