STRATEGI PEMASARAN PRODUK KERTAS PADA PT. PURA BARUTAMA KUDUS

CAHYANINGRUM, ERLIN (2009) STRATEGI PEMASARAN PRODUK KERTAS PADA PT. PURA BARUTAMA KUDUS. Working Paper. Diploma III - Marketing, FISIP Undip.

[img]
Preview
PDF
10Kb

Official URL: http://fisip.undip.ac.id/adbis

Abstract

PT. Pura Barutama merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri pembuatan kertas. Dalam menghadapai persaingan global PT. Pura Barutama perlu menerapkan strategi pemasaran yang mencakup strategi produk, strategi harga, strategi promosi, dan strategi saluran distribusi. Dengan perencanaan pemasaran yang dilakukan perusahaan, maka hambatan-hambatan yang dihadapi akan dapat teratasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif. Tipe penelitian yang digunakan bersifat deskriptif yaitu suatu metode dalam penelitian yang memberikan gambaran secara jelas mengenai suatu fenomena sosial tertentu.. Teknik pengumpulan data berupa wawancara atau interview dan studi pustaka. Untuk sumber data yang diperoleh berupa data primer dan data sekunder. Strategi pemasaran yang dilakukan PT. Pura Barutama meliputi pengembangan produk kertas, misalnya mengembangkan produk kertas zack kraft, menetapkan harga dengan membahas price list setiap bulannya, melakukan promosi dengan personal selling menggunakan sales, dan saluran distribusi yang dipakai adalah saluran distribusi langsung tanpa perantara. Dalam memasarkan produk kertas PT. Pura Barutama mengalami beberapa hambatan. Hambatan tersebut antara lain hambatan internal yang meliputi kerusakan mesin, keterbatasan kemampuan produksi, dan lebar mesin tidak lagi sesuai dengan lebar kertas yang diinginkan pelanggan. Sedang hambatan eksternal meliputi banyaknya pesaing dalam pasar industri, fluktuasi, kenaikan harga bahan baku, kenaikan BBM, dan perkembangan teknologi. Dari keempat variabel strategi pemasaran yang dilakukan PT. Pura Barutama nantinya dapat meningkatkan permintaan dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan, serta melakukan promosi guna meningkatkan volume penjualan. Dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki perusahaan diharapkan tujuan perusahaan untuk memperoleh laba yang maksimal akan tercapai.

Item Type:Monograph (Working Paper)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:6042
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Jan 2010 09:57
Last Modified:29 Jan 2010 09:57

Repository Staff Only: item control page