GAMBARAN LEUKOSITURIA TANDA INFEKSI SALURAN KEMIH PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE-2(STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NGESREP)

SARASWATI, DWI (2017) GAMBARAN LEUKOSITURIA TANDA INFEKSI SALURAN KEMIH PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE-2(STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NGESREP). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Penderita Diabetes Mellitus dengan kadar glukosa darah yang tinggi lebih rentan mengalami berbagai infeksi dibanding yang tidak menderita diabetes. Leukosituria adalah ditemukannya leukosit pada urin lebih dari 5/lpb. Adanya inflamasi dalam saluran genitourinaria dapat ditunjukkan dengan temuan leukosituria dan biasa muncul bersamaan dengan bakteriuria asimtomatik bahkan Infeksi Saluran Kemih. Tujuan penelitian untuk menggambarkan leukosituria tanda infeksi saluran kemih pada penderita Diabetes Mellitus tipe-2 di wilayah kerja Puskesmas Ngesrep. Penelitian cross sectional ini dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan jumlah 80 penderita dengan wawancara, kuesioner, rekam medis, dan uji laboratorium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prevalensi kejadian leukosituria tanda infeksi saluran kemih sebesar 21,25%. Responden dengan jenis kelamin perempuan sebesar 71,2%, umur kategori lansia 70 %, lama menderita Diabetes Mellitus < 10 tahun 83,8%, status Indeks Massa Tubuh (IMT) kategori overweight 60%, gula darah tinggi 58,8%, konsumsi obat anti diabetes (90%), tidak memiliki riwayat ISK (83,8%), melakukan hubungan seksual <4 kali per bulan 87,5%, dan yang memiliki personal hygiene baik 62,5%. Proporsi kejadian leukosituria tanda infeksi saluran kemih pada penderita Diabetes Mellitus type-2 lebih tinggi pada responden yang berjenis kelamin perempuan, umur dalam kategori lansia, memiliki lama menderita Diabetes Mellitus ≥ 10 tahun, memilki status IMT dalam kategori non overweight, memiliki kadar gula (GDP) tinggi, tidak mengkonsumsi obat, memiliki riwayat ISK, melakukan hubungan seksual ≥ 4 kali dalam sebulan terakhir, dan memiliki personal hygiene yang baik. Disarankan penderita diabetes menjaga berat badan, kadar gula darah, mengkonsumsi obat secara teratur, dan tetap menjaga personal hygiene terutama yang berkaitan dengan area genitalia Kata Kunci: Diabetes Mellitus, Infeksi Saluran Kemih (ISK), Leukosituria

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:60414
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:01 Feb 2018 13:37
Last Modified:01 Feb 2018 13:37

Repository Staff Only: item control page