PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP DRIVER GO-JEK DALAM LAYANAN GO-FOOD PADA APLIKASI ONLINE

CINTANI, ANNISA FITA and SURADI, SURADI and Saptono, Hendro (2017) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP DRIVER GO-JEK DALAM LAYANAN GO-FOOD PADA APLIKASI ONLINE. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]Microsoft Word
12Kb

Abstract

ABSTRAK Di zaman yang semakin modern ini, pengangkutan memegang peranan yang penting dalam kehidupan masyarakat baik pengangkutan orang maupun barang. Melihat peluang tersebut PT.Gojek Indonesia mencoba menawarkan jasa pengangkutan diantaranya Go-Food sebagai penghubung antara produsen atau pemilik gerai dangan konsumen yang menggunakan layanan pesan antar makanan. Pada dasarnya keberadaan fitur Go-Food pada aplikasi Go-Jek akan mempermudah layanan pesan-antar makanan bagi konsumen yang tidak dapat membeli makanan secara langsung di restaurant yang tidak memiliki layanan pesan-antar makanan sendiri. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode pendekatan yuridis empiris dimana dalam penelitian ini hukum dikonsepkan sebagai pranata sosial yang secara riil dikaitkan dengan variabel-variabel sosial yang lain. Apabila hukum sebagai gejala sosial yang empiris sifatnya, dikaji sebagai variabel bebas/sebab (independent variabel) yang menimbulkan pengaruh dan akibat pada berbagai aspek kehidupan sosial, kajian itu merupakan kajian hukum yang sosiologis (socio-legal research). Namun, jika hukum dikaji sebagai variabel tergantung/akibat (dependent variabel) yang timbul sebagai hasil dari berbagai kekuatan dalam proses sosial, kajian itu merupakan kajian sosiologi hukum (sociologi of law). Hasil Penelitian yang dilakukan oleh penulis menunjukan bahwa PT.Gojek Indonesia telah menjalankan tanggung jawabnya sebagai pelaku usaha sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen salah satunya ketika konsumen melakukan wanprestasi, pihak PT.Go-Jek Indonesia bertanggungjawab terhadap prestasi yang dilakukan oleh Mitra. Bentuk pertanggungjawaban tersebut berupa ganti kerugian terhadap mitra seperti biaya yang telah dikeluarkan sesuai dengan nota pembelanjaan apabila terbukti dalam pelaksanaan pelayanan mitra tidak melakukan kesalahan. Kata kunci : perlindungan hukum, tanggung jawab

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:60302
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:31 Jan 2018 07:50
Last Modified:31 Jan 2018 07:50

Repository Staff Only: item control page