KEARIFAN LOKAL SUKU MOILE DALAM MEMBANGUN ARSITEKTUR VERNAKULAR IBEIYA SEBAGAI UPAYA MENGATASI IKLIM PEGUNUNGAN TROPIS (Studi kasus: Kampung Demaisi, Provinsi Papua Barat)

IRMA PRATAMI HEMATANG, YASHINTA (2014) KEARIFAN LOKAL SUKU MOILE DALAM MEMBANGUN ARSITEKTUR VERNAKULAR IBEIYA SEBAGAI UPAYA MENGATASI IKLIM PEGUNUNGAN TROPIS (Studi kasus: Kampung Demaisi, Provinsi Papua Barat). Masters thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF - Submitted Version
13Mb

Abstract

Ibeiya merupakan Rumah Tradisional Kaki Seribu Suku Moile yang hidup di daerah dataran tinggi Pegunungan Arfak, Distrik Minyambouw. Seiring berkembangnya zaman dan arus globalisasi, budaya lokal atau daerah semakin tergeser eksistensinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian field measurement yang dipadukan dengan penyebaran kuesioner dan wawancara langsung dengan masyarakat Kampung Demaisi. Dengan demikian penelitian ini menggunakan mix method yaitu kuantitatif-kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: hasil analisa temperatur efektif hubungannya dengan kenyamanan termal berdasarkan pengukuran dan pengamatan antar empat jenis rumah yang berbeda di Kampung Demaisi; hasil analisa pendapat masyarakat tentang kenyamanan termal masing-masing jenis rumah; bentuk-bentuk kearifan lokal Suku Moile di Kampung Demaisi dalam mengantisipasi iklim pegunungan tropis; serta mengungkap pengaruh penataan lingkungan sekitar rumah (permukiman Kampung Demaisi) hubungannya dengan kenyamanan termal pada Kampung Demaisi; juga uraian konsep-konsep yang baik diterapkan pada rumah tinggal atau bangunan gedung pada daerah pegunungan tropis lembab yang memiliki karakteristik geografis seperti Kampung Demaisi. Kabupaten Pegunungan Arfak merupakan kabupaten yang baru berdiri. Sehingga, kajian ini diharapkan mampu memberi masukkan dan saran bagi pembangunan bangunan gedung pada kabupaten baru ini di kemudian hari. Hingga, dapat tercipta bangunan yang memperhatikan konsep kenyamanan termal dan kearifan lokal milik Suku Arfak di kemudian hari.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Architecture
ID Code:60094
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Jan 2018 08:54
Last Modified:29 Jan 2018 08:54

Repository Staff Only: item control page