PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH CAIR PEMINDANGAN IKAN DALAM RANSUM TERHADAP KADAR LEMAK DAGING DAN PERSENTASE LEMAK ABDOMINAL ITIK PERSILANGAN MOJOSARI PEKING

IMTIYAZ, Shafri and Mahfudz, Luthfi Djauhari and Sunarti, Dwi (2018) PENGARUH PENGGUNAAN LIMBAH CAIR PEMINDANGAN IKAN DALAM RANSUM TERHADAP KADAR LEMAK DAGING DAN PERSENTASE LEMAK ABDOMINAL ITIK PERSILANGAN MOJOSARI PEKING. Undergraduate thesis, FAKULTAS PETERNAKAN DAN PERTANIAN UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
621Kb
[img]
Preview
PDF
90Kb
[img]
Preview
PDF
231Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

210Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

116Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

371Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1213Kb

Abstract

Limbah cair pemindangan ikan merupakan cairan sisa yang dihasilkan dari perebusan ikan pada proses pembuatan ikan pindang. Limbah cair pemindangan ikan mengandung lemak khususnya asam lemak esensial yang didalamnya terdapat PUFA (Poly Unsaturated Fatty Acid) atau asam lemak tak jenuh jamak omega-3 atau asam linolenat dan omega 6 atau asam linoleat yang merupakan asam lemak essensial bagi ternak yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan saraf, pembentukan jaringan, metabolisme, fungsi membran sel dan menurunkan kadar kolesterol. Penelitian ini bertujuan untuk mengkajii pengaruh pemberian limbah cair pemindangan ikan dalam ransum terhadap kadar lemak daging, persentase lemak abdominal, kadar kolesterol daging itik MP jantan fase pertumbuhan dan income over feed cost (IOFC). Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret – Mei 2017 di kandang unggas Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, Semarang. Materi adalah itik Persilangan Mojosari – Peking (MP) jantan umur 3 minggu yang merupakan persilangan Mojosari betina dengan Peking jantan sebanyak 120 ekor dengan bobot badan rata-rata sebesar 520,30 ± 47,82 g. Bahan pakan penelitian terdiri dari konsentrat CP 144, jagung, bekatul, dan limbah cair pemindangan ikan. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan sehingga total terdapat 20 unit percobaan. Perlakuan yang diterapkan adalah penggunaan limbah cair pemindangan ikan dengan taraf 2,5, 5 dan 7,5%. Parameter yang diamati adalah kadar lemak daging, persentase lemak abdominal, kadar kolesterol daging dan income over feed cost (IOFC). Data dianalisis dengan analisis ragam (Analysis of Variance / ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan limbah cair pemindangan ikan hingga taraf 7,5% tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap kadar lemak daging, persentase lemak abdominal, kadar kolesterol daging namun Income Over Feed Cost (IOFC) meningkat pada penggunaan limbah cair pemindangan ikan taraf 2,5%. Rata-rata hasil kadar lemak daging, persentase lemak abdominal, kadar kolesterol daging dan IOFC adalah 2,47% -3,75% ; 0,33%-0,44%; 91,05 mg/100g -111,22 mg/100g dan 2.205,09 – 6.129,25. Simpulan penelitian adalah penggunaan limbah cair pemindangan ikan dalam ransum itik persilangan Mojosari Peking jantan tidak mampu menurunkan kadar lemak, daging, persentase lemak abdominal dan kadar kolesterol daging namun mampu menaikkan IOFC pada perlakiuan T2.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:59887
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Aug 2018 14:13
Last Modified:20 Aug 2018 14:13

Repository Staff Only: item control page