HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG ASUPAN PROTEIN DAN TINGKAT KECUKUPAN PROTEIN DENGAN KADAR ALBUMIN SERUM PADA IBU HAMIL (STUDI DI KECAMATAN BULU KABUPATEN TEMANGGUNG)

PRIASTARI, NOVA ADIANI (2017) HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG ASUPAN PROTEIN DAN TINGKAT KECUKUPAN PROTEIN DENGAN KADAR ALBUMIN SERUM PADA IBU HAMIL (STUDI DI KECAMATAN BULU KABUPATEN TEMANGGUNG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
43Kb

Abstract

Angka Kematian Ibu merupakan masalah yang masih tinggi dan menjadi indikator penting dalam menentukan derajat kesehatan masyarakat.Penyebab kematian ibu salah satunya yaitu preeklampsia karena selama kehamilan kadar albumin dalam plasma menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pengetahuan ibu tentang asupan protein dan tingkat kecukupan protein dengan kadar albumin serum pada ibu hamil di Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bersifat observasional dengan rancangan penelitiancross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu hamil trimester II dan III sebanyak 53 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan formulir FFQ yang dianalisis menggunakan uji Rank Spearman dan Pearson Product Moment . Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil sebagian besar memiliki tingkat pengetahuan yang cukup yaitu (60,4%), memiliki tingkat kecukupan protein tergolong nomal yaitu (90,6%%) dan kadar albumin serum responden tergolong normal yaitu (92,5%). Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya hubungan pengetahuan ibu dan tingkat kecukupan protein dengan kadar albumin serum, sedangkan terdapat hubungan pengetahuan ibu dengan tingkat kecukupan protein. Penelitian ini diharapkan agar ibu hamil meningkatkan asupan gizi untuk tubuh dan janin serta perlunya KIE untuk meningkatkan pengetahuan gizi ibu hamil. Kata Kunci: Pengetahuan Ibu Hamil, Tingkat Kecukupan Protein, Kadar Albumin Serum

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:59857
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:24 Jan 2018 10:37
Last Modified:24 Jan 2018 10:37

Repository Staff Only: item control page