Mardianto, Fajar and Hidajat, Wahju Krisna and Widiarso, Dian Agus (2017) Kajian Geoteknik Pembangunan Jembatan Jurang Gempal 2 dengan Menggunakan Fondasi Tiang Pancang di Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Faculty of Engineering.
| PDF (Fajar Mardianto_21100112130021_2017_JUDUL) 400Kb | |
PDF (Fajar Mardianto_21100112130021_2017_BAB I) Restricted to Repository staff only 206Kb | ||
PDF (Fajar Mardianto_21100112130021_2017_BAB II) Restricted to Repository staff only 873Kb | ||
PDF (Fajar Mardianto_21100112130021_2017_BAB III) Restricted to Repository staff only 192Kb | ||
PDF (Fajar Mardianto_21100112130021_2017_BAB IV) Restricted to Repository staff only 975Kb | ||
PDF (Fajar Mardianto_21100112130021_2017_BAB V) Restricted to Repository staff only 84Kb | ||
PDF (Fajar Mardianto_21100112130021_2017_DAFTARPUSTAKA) Restricted to Repository staff only 86Kb | ||
PDF (Fajar Mardianto_21100112130021_2017_LAMPIRAN) Restricted to Repository staff only 882Kb |
Abstract
Kabupaten wonogiri sebagai salah satu kota besar di jawa tengah merupakan kota yang memiliki tingkat pembangunan infrastruktur yang sangat tinggi serta memiliki lapangan pekerjaan yang cukup banyak. Kedua hal tersebut yang menyebabkan meningkatnya jumlah populasi dan kendaraan bermotor. Jumlah pengendara bermotor yang semakin menikat berakibat pada terjadinya kemacetan di beberapa lokasi di Kabupaten wonogiri. Salah satu lokasi yang sering mengalami kemacetan yaitu pada jembatan jurang gempal yang berada di Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Lokasi ini memiliki dua jembatan yaitu jembatan jurang gempal 1 dan jembatan jurang gempal lama. Jembatan jurang gempal lama sudah tidak dapat berfungsi karena terdapat banyak kerusakan dan berumur sangat tua. Solusi untuk mengatasi kemacetan di lokasi ini adalah dengan membangun kembali jembatan jurang gempal lama sehingga jumlah ruas jalan di jembatan ini bertambah dan dapat menguraikan kemacetan di daerah ini. Tahapan awal yang dilakukan untuk membangun jembatan ini yaitu dilakukan penyelidikan tanah/batuan di daerah sekitar jembatan. Penyelidikan ini dilakukan untuk dapat mengetahui jenis tanah/batuan, nilai daya dukung tanah/batuan, dan keadaan bawah permukaan didaerah tersebut. Penyelikan ini dilakukan untuk mengkaji jenis fondasi dan kedalaman tanah/batuan yang dapat digunakan sebagai dasar penopang fondasi dan struktur bangunan diatas fondasi tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif analisis. Metode deskriptif analisis merupakan metode penelitian yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung saat ini atau saat yang lampau. Metodologi deskriptif analisis mengambil masalah atau memusatkan perhatian kepada masalah-masalah sebagaimana adanya saat penelitian dilaksanakan, hasil penelitian kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulannya.Uji yang dilakukan meliputi pengeboran inti, uji SPT, dan Uji Laboratorium. Pengeboran inti dan uji SPT merupakan tahapan yang dilakukan di lapangan, dari kedua uji tersebut di dapatkan nilai SPT dan sampel yang kemudian dilakukan pengujian dan perhitungan di Laboratorium untuk didapatkan nilai daya dukung tanah/batuan. Hasil yang diperoleh di daerah penelitian berupa jenis tanah di daerah tersebut terdiri dari 2 satuan tanah/batuan di atas permukaan yaitu tanah pasir dan breksi vulkanik, dan 5 jenis tanah/batuan di bawah permukaan yaitu tanah lempung, tanah lempung kepasiran, tanah pasir, batulempung dan batupasir. Tanah/batuan yang dijadikan dasar untuk menopang fondasi dan struktur bangunan diatasnya berupa batupasir pada kedalaman 10 m. Pengambilan batupasir sebagai batuan dasar karena nilai daya dukung pada batuan ini mencapai 100-159 ton/satu buah tiang berdasarkan uji sifat fisik tanah/batuan, dan mencapai 173 ton/satu buah tiang berdasarkan uji SPT. Berdasarkan nilai tersebut maka sudah dirasa cukup untuk menopang berat fondasi dan struktur bangunan diatasnya. Katakunci : Wonogiri, Fondasi, Jembatan, Daya Dukung, Tiang Pancang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QE Geology |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Geological Engineering Faculty of Engineering > Department of Geological Engineering |
ID Code: | 59852 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 24 Jan 2018 09:43 |
Last Modified: | 24 Jan 2018 09:43 |
Repository Staff Only: item control page