Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Mobil Kijang Innova ( Studi Kasus Pada PT. Nasmoco Majapahit Semarang )

Puspasari , Dina (2009) Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Mobil Kijang Innova ( Studi Kasus Pada PT. Nasmoco Majapahit Semarang ). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
12Kb

Official URL: http://fisip.undip.ac.id/adbis

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat seiring dengan peningkatan peradaban manusia menyebabkan persaingan dunia usaha khususnya usaha otomotif semakin meningkat. Untuk dapat bertahan dan mengembangkan usaha sebuah perusahaan otomotif haruslah menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Memasarkan mobil tidak hanya mengandalkan harga yang kompetitif, selain itu hal yang paling penting adalah memberikan kepuasan yang maksimal pada konsumennya, dengan memperhatikan kualitas produk maupun harga. PT. Nasmoco Majapahit Semarang juga melakukan hal tersebut diatas untuk menciptakan kepuasan yang maksimal pada konsumennya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen mobil kijang innova. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang memakai mobil kijang innova di PT. Nasmoco Majapahit Semarang. Tipe penelitian ini adalah explanatory research, dengan menggunakan rumus slovin ditetapkan sebanyak 55 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana yang digunakan untuk mengetahui kekuatan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial, dan regresi linier berganda yang digunakan untuk mengatahui pengaruh antara dua variabel independen secara simultan terhadap variabel dependen dengan program SPSS For Windows, serta menggunakan hipotesis uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk memiliki pengaruh (secara parsial) terhadap kepuasan konsumen mobil kijang innova sebesar 0,671 atau 67,1%. Variabel harga juga memiliki pengaruh (secara parsial) terhadap kepuasan konsumen mobil kijang innova sebesar 0,439 atau 43,9%. Dari perhitungan dengan program SPSS diperoleh persamaan regresi sebesar Y = 4,086 + 0,316X1 + 1,728X2 , yang berarti secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen mobil kijang innova.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:5944
Deposited By:mr administrasi bisnis
Deposited On:28 Jan 2010 11:26
Last Modified:28 Jan 2010 11:26

Repository Staff Only: item control page