PEMANFAATAN NASKAH BUTON SEBAGAI PENGAYAAN BAHAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SEKOLAH: SEBUAH ALTERNATIF

Husba, Zakiyah Mustafa (2017) PEMANFAATAN NASKAH BUTON SEBAGAI PENGAYAAN BAHAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SEKOLAH: SEBUAH ALTERNATIF. In: PIBSI XXXIX, 7-8 November 2017, Semarang.

[img]
Preview
PDF
297Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/59040

Abstract

Pendidikan berbasis karakter menjadi isu penting yang menjadi perhatian bangsa-bangsa di dunia. Pembangunan karakter bagi masyarakat Indonesia yang memiliki peninggalan sejarah dan budaya adalah pembangunan karakter yang tentu saja harus mencerminkan perilaku masyarakat yang berbudaya tinggi, berbudi luhur dan mulia sebagaimana yang tercantum dalam tujuan pendidikan nasional.. Makalah ini mendeskripsikan sebuah peluang bagi pengembangan ilmu filologi khususnya untuk mengungkapkan dan melestarikan nilai-nilai yang terdapat dalam teks naskah-naskah kuno. Salah satu jenis naskah yang dapat diupayakan menjadi bahan pembelajaran apresiasi sastra di sekolah ialah naskah-naskah hikayat. Pembelajaran apresiasi sastra secara formal yang berdasar pada kurikulum dianggap belum memberikan hasil maksimal karena beberapa faktor, di antaranya metode dan cara mengajar kurang variatif, alokasi waktu yang masih kurang untuk penyampaian materi dan praktik apresiasi, serta ketersediaan materi dan bahan belajar yang kurang mendukung. Naskah kuno merupakan warisan sejarah dan budaya yang mengandung berbagai informasi dan pengetahuan pada masa lampau yang dianggap relevan dengan kebutuhan pengetahuan pada masa kini. Ilmu pengetahuan modern pada masa kini merupakan hasil pengembangan pengetahuan yang sudah ada pada masa lalu. Tujuan yang ingin dicapai dari penulisan makalah ini ialah upaya dalam pelestarian isi naskah kuno yang dapat dilakukan dengan pemanfaatan media digital, yakni menyajikan isi hikayat ke dalam bentuk animasi digital (film animasi). Cara ini diharapkan dapat memberikan perspektif baru dalam langkah kerja kajian filologi. Selain itu, naskah-naskah kuno yang sudah terinventarisir dengan baik dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya para pelajar di tingkat sekolah dasar, menengah, dan tinggi. Kata-kata kunci: filologi, naskah kuno, Buton, pengayaan sastra, sekolah

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects:P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
ID Code:59040
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Jan 2018 13:45
Last Modified:09 Jan 2018 13:45

Repository Staff Only: item control page