EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN PENGEMBANGAN DIRI DAN GERAKAN LITERASI PADA PENDIDIKAN DASAR

Sholeh, Khabib and Sukirno, Sukirno and Fakhrudin, Mohammad (2017) EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN PENGEMBANGAN DIRI DAN GERAKAN LITERASI PADA PENDIDIKAN DASAR. In: PIBSI XXXIX, 7-8 November 2017, Semarang.

[img]
Preview
PDF
165Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/58976

Abstract

Model pengembangan diri dan gerakan literasi sekolah saat ini memunculkan beberapa argumen di antaranya adalah belum banyak bukti empiris yang mendukung asumsi bahwa kemampuan kognitif, analisis, sintesis, evaluasi, dan kreasi melalui suatu kajian langsung terhadap kondisi sosial melalui program ini menggembirakan. Peserta didik belum terbiasa membaca berbagai informasi dan mengakses informasi dari berbagai sumber untuk beragam keperluan yang secara fungsional bermanfaat untuk keperluan mereka. Penelitian ini adalah penelitian survei dan focus group discussion (FGD) yang bertujuan untuk menggali informasi, saran, dan harapan dari responden penelitian terkait dengan model pengembangan diri dan gerakan literasi. Sumber data penelitian adalah (i) peserta didik pada pendidikan dasar dan (ii) pengelola lembaga pendidikan dasar di Jawa Tengah. Data yang diperoleh dari angket tertutup dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif, sedangkan data dari angket terbuka dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan program pengembangan diri dan gerakan literasi, sebagian besar responden menyatakan sesuai atau sangat sesuai karena sebagian besar pelaksanaannya telah mengikuti panduan yang ditetapkan. Satu hal yang perlu mendapatkan perhatian dan pertimbangan lebih lanjut ialah pernyataan ketidaksesuaian sebagian responden mengenai bidang metode layanan konseling (sebanyak 11%), metode layanan ekstrakurikuler (sebanyak 10%), media membaca (sebanyak 8%), dan tempat membaca (10%). Berhubungan dengan kompetensi dan model interaksi disarankan agar penguasaan teori atau pengetahuan dan keterampilan harus berimbang dan kegiatan pelatihan dan layanan dilakukan dengan menyesuaikan gaya belajar peserta didik. Kata kunci: evaluasi, pengembangan diri, dan gerakan literasi

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects:P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0080 Criticism
ID Code:58976
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Jan 2018 14:59
Last Modified:08 Jan 2018 14:59

Repository Staff Only: item control page