PENILAIAN OTENTIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERBASIS FENOMENA KEKINIAN

Wismanto, Agus and Ulumuddin, Arisul (2017) PENILAIAN OTENTIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERBASIS FENOMENA KEKINIAN. In: PIBSI XXXIX, 7-8 November 2017, Semarang.

[img]
Preview
PDF
393Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/58969

Abstract

Pembelajaran sastra di sekolah harus diperhatikan, melihat keadaan dan fenomena sekarang ini, karena tuntutan kebutuhan yang instan dan serba cepet harus tersedia. Pembaharuan yang tampak pada penilaian otentik adalah : a) melibatkan peserta didik dalam tugas yang penting, menarik, berfaedah dan relevan dengan kehidupan nyata peserta didik, b) tampak dan terasa sebagai kegiatan belajar, bukan tes tradisional, c) melibatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan mencakup pengetahuan yang luas, d) menyadarkan peserta didik tentang apa yang harus dikerjakannya akan dinilai, e) merupakan alat penilaian dengan latar standar (standard setting), bukan alat penilaian yang distandarisasikan, f) berpusat pada peserta didik(student centered) bukan berpusat pada guru (teacher centered), dan g) dapat menilai peserta didik yang berbeda kemampuan, gaya belajar dan latar belakang kulturalnya. Pembelajaran menulis cerpen berbasis fenomena kekinian menggunakan sistem evaluasi penilaian otentik mencakupi dua hal, yakni evaluasi proses dan evaluasi hasil. Oleh karena itu, instrumen yang digunakan juga ada dua jenis, yakni (1) jenis instrumen yang digunakan untuk merekam data aktivitas pebelajar selama proses pembelajaran menulis cerpen, yang berwujud jurnal, kembar observasi, dan rubrik; serta (2) jenis instrumen yang digunakan untuk merekam hasil pembelajaran menulis cerpen-yakni cerpen-, yang berwujud Lembar Penilaian. Kata Kunci: penilaian otentik, menulis cerpen, fenomena kekinian.

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects:P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0080 Criticism
ID Code:58969
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Jan 2018 14:25
Last Modified:08 Jan 2018 14:25

Repository Staff Only: item control page