STRATEGI PEMBELAJARAN BIPA ASPEK BERBICARA DENGAN METODE BERMAIN PERAN MENJADI PRESENTER TVBAGI MAHASISWA LEVEL C11) (Studi Kasus di Jurusan Studi Indonesia University of Social Science and Humanities

Istanti, Wati (2017) STRATEGI PEMBELAJARAN BIPA ASPEK BERBICARA DENGAN METODE BERMAIN PERAN MENJADI PRESENTER TVBAGI MAHASISWA LEVEL C11) (Studi Kasus di Jurusan Studi Indonesia University of Social Science and Humanities. In: PIBSI XXXIX, 7-8 November 2017, Semarang.

[img]
Preview
PDF
549Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/58802

Abstract

Pembelajaran BIPA di Jurusan Studi Indonesia Ho Chi Minh City telah berkembang sejak tahun 1993.Mata-matakuliah yang diajarkan merupakan empat keterampilan berbahasa salah satunya berbicara. Berbicara merupakan ragam bahasa lisan secara langsung. Berbicara berkait juga dengan keterampilan berkomunikasi. Lafal intonasi bahasa Vietnam yang sangat berpengaruh terhadap pengucapan yang dilafalkan para mahasiswa USSH saat berbicara dalam bahasa Indonesia. Metode bermain peran dengan menjadi presenter TV dapat melatih pengucapan formal bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan strategi pembelajaran BIPA aspek berbicara dengan metode bermain peran menjadi presenter TV bagi mahasiswa tingkat B1. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang berupa studi kasus. Ditemukan beberapa tahapan dalam strategi pembelajaran BIPA untuk aspek berbicara dengan metode bermain peran menjadi presenter TV. Metode tersebut dapat menjadi cara untuk melatih keterampilan berbicara dan kepercayaan diri mahasiswa untuk tingkat B1. Dengan demikian, strategi pembelajaran BIPA aspek berbicara dengan metode bermain peran menjadi presenter TV bagi mahasiswa tingkat B1 di Jurusan Studi Indonesia akan lebih efektif. Kata kunci: strategi pembelajaran, keterampilan berbicara, metode bermain peran.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar > P121-149 Science of language (Linguistics)
ID Code:58802
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Jan 2018 09:23
Last Modified:03 Jan 2018 09:23

Repository Staff Only: item control page