FUNGSI STRATEGIS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI PENUNJANG KOMPETENSI KEJURUAN SISWA SMK DALAM MENGHADAPI TRANSFORMASI BUDAYA

Yustinah, Yustinah (2017) FUNGSI STRATEGIS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI PENUNJANG KOMPETENSI KEJURUAN SISWA SMK DALAM MENGHADAPI TRANSFORMASI BUDAYA. In: PIBSI XXXIX, 7-8 November 2017, Semarang.

[img]
Preview
PDF
317Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/58789

Abstract

Permasalahan yang dibahas di sini adalah pembelajaran berbasis kompetensi sebagai solusi efektif pembelajaran bahasa Indonesia di SMK. Hal ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran bahasa di SMK yang belum memadai sesuai dengan harapan. Pembelajaran bahasa yang masih berkutat pada sukses ujian nasional dan belum berorientasi pada kompetensi sebagai tujuan pembelajaran yang sesungguhnya ditentukan oleh kurikulum. Belum lagi situasi yang kurang menyenangkan, kurang bergairah dan belum adanya bahan ajar bahasa Indonesia SMK kurikulum 2013 yang mengalami berbagai revisi hingga saat ini. Pembahasan makalah ini bertujuan untuk memberi gambaran pembelajaran bahasa Indonesia SMK Kurikulum 2013 berbasis kompetensi sebagai wahana pengembangan kompetensi siswa dalam hal kebahasaan yang selanjutnya dimaksudkan untuk menunjang kompetensi keahlian siswa di bidangnya. Pembahasan dapat dimanfaatkan sebagai pemberian informasi terbaru mengenai pembelajaran bahasa dan aplikasi konkret mengenai pembelajaran bahasa Indonesia SMK Kurikulum 2013 berbasis kompetensi penunjang kompetensi keahlian siswa sesuai dengan jurusan yang dipilihnya. Kata kunci: fungsi, pembelajaran bahasa, kompetensi kejuruan

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar > P121-149 Science of language (Linguistics)
ID Code:58789
Deposited By:Sastra Indonesia
Deposited On:03 Jan 2018 08:52
Last Modified:03 Jan 2018 08:52

Repository Staff Only: item control page