Uji Kinerja Alat Digester pada Proses Pulping Kulit Jagung dengan Natrium Hidroksida (Performance Test Tool In The Pulping Process Digester Corn Husk with Sodium Hydroxide)

RAMADHANI, ARNESYA (2016) Uji Kinerja Alat Digester pada Proses Pulping Kulit Jagung dengan Natrium Hidroksida (Performance Test Tool In The Pulping Process Digester Corn Husk with Sodium Hydroxide). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF (COVER) - Published Version
10Kb
[img]
Preview
PDF (BAB I) - Published Version
84Kb
[img]
Preview
PDF (BAB II) - Published Version
256Kb
[img]
Preview
PDF (BAB III) - Published Version
81Kb
[img]
Preview
PDF (BAB IV) - Published Version
114Kb
[img]
Preview
PDF (BAB V) - Published Version
203Kb
[img]PDF (BAB VI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

140Kb
[img]
Preview
PDF (BAB VII) - Published Version
97Kb
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Published Version
82Kb

Abstract

Digester merupakan suatu bejana tempat proses pemasakan atau reaksi delignifikasi dari serpihan kayu berlangsung. Dengan penambahan larutan pemasak kimia, panas, dan tekanan maka lignin akan larut dan serpihan kayu diubah menjadi pulp. Pada perancangan alat digester ini mempunyai dimensi yang meliputi : diameter tangki : 35 cm, tinggi tangki : 50 cm, tebal plate : 0,12 cm, diameter Impeler : 23,07 cm, kecepatan pengaduk : 2800 rpm dan kapasitas 20 Liter. Proses pembuatan pulp dapat menggunakan bahan baku non kayu, salah satunya yaitu limbah kulit jagung. Kandungan kulit jagung terdiri selulosa 36,81%, hemiselulosa 27,01%, lignin 15,70%, abu 6,04%,dan kadar air 14,44%. Pulping ini bertujuan untuk mendapatkan serat sebanyak mungkin yang diindikasikan dengan nilai rendemen yang tinggi dengan kandungan lignin seminimal mungkin. Tujuan dari percobaan ini yaitu untuk mengetahui kondisi optimum alat digester dalam pulping dari kulit jagung. Tahapan proses pulping dari kulit jagung yaitu: (1) kulit jagung kering dipotong, (2) pemasakan dalam digester, (3) pulp disaring, dan (4) Pulp dianalisa. Variabel yang hasilnya paling baik ada pada percobaan 4 dimana suhu yang digunakan yaitu 200 0C dan waktu pemasakannya 60 menit. Hasil dari percobaan 4 didapat yield sebesar 62,5 % dan kadar air yang tidak terlalu tinggi yaitu 9 %.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:58227
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Dec 2017 13:31
Last Modified:04 Dec 2017 15:03

Repository Staff Only: item control page