ANALISIS TERHADAP PERJANJIAN JUAL BELI BAWANG MERAH YANG DI DALAMNYA TERDAPAT UNDUE INFLUENCE (PENYALAHGUNAAN KEADAAN) OLEH PEDAGANG di KABUPATEN BREBES

CANDRA SOFIA , RINI (2016) ANALISIS TERHADAP PERJANJIAN JUAL BELI BAWANG MERAH YANG DI DALAMNYA TERDAPAT UNDUE INFLUENCE (PENYALAHGUNAAN KEADAAN) OLEH PEDAGANG di KABUPATEN BREBES. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
406Kb

Abstract

Perjanjian jual beli adalah suatu persetujuan, dengan mana pihak yang satu mengikat dirinya untuk menyerahkan suatu kebendaandan pihak yang lain untuk membayar harga yang telah dijanjikan. Perjanjian jual beli bawang di Kabupaten Brebes didasari atas asas kebebasan berkontrak yang terkandung dalam Pasal 1338 KUHPerdata, dimana berdasarkan asas ini para pihak bebas membuat klausul-klausul dalam perjanjian asal tidak bertentangan dengan undang-undang, ketertiban umum, dan kesusilaan. Namun, praktiknya kebebasan berkontrak sering menimbulkan ketidakadilan dimana kesepakatan merupakan hasil paksaan, kekeliruan, atau penipuan. Kesepakatan yang demikian mengandung cacat kehendak. Permasalahan mengenai jualbeli yang sering timbul dalam jual beli bawang di Kabupaten Brebes ialah mengenai kesepakatan hargajual antara pembeli/distributor petani di Kabupaten Brebes. Kedudukan petani bawang seringkali dalam posisi tawar yang lemah. Dalam penelitian ini permasalahan yang dibahas adalah: Bagaimana kriteria adanya asas Undue Influence (penyalahgunaan keadaan) dalam perjanjian jualbeli bawang merah oleh pedagang di Kabupaten Brebes dan apa akibat hukum sebuah perjanjian yang di dalamnya terdapat asas Undue Influence (penyalahgunaan keadaan). Tujuan penelitian adalah: mengkaji dan menganalisis kriteria adanya penyalahgunaan keadaan (undue influence) serta akibat hukum jika suatu perjanjian jual beli bawang merah oleh pedagang terdapat penyalahgunaan keadaan. Metode pendekatan dalam penelitianini adalah Yuridis empiris. Spesifikasi penelitian yang digunakan deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi lapangan dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini diolah melalui analisis secara analisis kualitatif. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa perjanjian jual beli bawang merah di Kabupaten Brebes terdapat penyalahgunaan keadaan (undue influence) dianalisis berdasarkan kriteria penyalahgunaan keadaan menurut beberapa ahli, akibat hukum jika suatu perjanjian jual beli bawang merah terdapat penyalahgunaan keadaan maka berdasarkan Pasal 1449 KUH Perdataperjanjian tersebut dapat diajukan pembatalan oleh pihak yang merasa dirugikan.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Perjanjian Jual Beli, Penyalahgunaan Keadaan (Undue Influence)
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57772
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Oct 2017 13:46
Last Modified:26 Oct 2017 13:46

Repository Staff Only: item control page