Pengaruh Penambahan Air Rebusan Kunyit dalam Air Minum terhadap Trigliserida, Kolesterol dan Lipoprotein pada Darah Ayam Broiler

WINDI, Antonius Tri and SUGIHARTO, Sugiharto and ISROLI, Isroli (2017) Pengaruh Penambahan Air Rebusan Kunyit dalam Air Minum terhadap Trigliserida, Kolesterol dan Lipoprotein pada Darah Ayam Broiler. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
280Kb
[img]
Preview
PDF
127Kb
[img]
Preview
PDF
191Kb
[img]
Preview
PDF
253Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

143Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

557Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1525Kb

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober – Desember 2016 di Kandang Unggas, Laboratorium Produksi Ternak Unggas dan di Laboratorium Fisiologi dan Biokimia, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh penambahan air rebusan kunyit dalam air minum terhadap trigliserida, kolesterol dan lipoprotein pada darah ayam broiler. Materi yang digunakan 200 ekor ayam broiler DOC (Day Old Chick), strain Lohman jenis kelamin jantan dan betina, bobot badan rata-rata 41,48 0,99 g. Kandang yang digunakan adalah kandang litter menggunakan sekam sejumlah 25 pen dengan pemeliharaan selama 28 hari. Penelitian ini menggunakan pakan jadi/kompeks dan bahan baku air minum berupa air dan kunyit. Alat yang digunakan kandang tempat pakan dan minum, lampu, timbangan analitik, termohygrometer, panci dan kompor, pengukur air, spuit, tabung reaksi, kapas dan alkohol 70 %, sentrifius dan cooling box. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan dengan tiap unit percobaan terdiri dari 8 ekor ayam broiler. Perlakuan penelitian ini yaitu T0 (100% air biasa), T1 (25% air rebusan kunyit + 75% air biasa), T2 (50% air rebusan kunyit + 50% air biasa), T3 (75% air rebusan kunyit + 25% air biasa) dan T4 (100% air rebusan kunyit). Data yang diambil pada penelitian ini jumlah trigliserida, kolesterol dan lipoprotein (low density lipoprotein dan high density lipoprotein) pada darah ayam broiler. Data yang diperoleh selanjutnya diolah secara statistik dengan analisis ragam dan uji lanjut Duncan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh (P>0,05) air rebusan kunyit terhadap kadar trigliserida dan LDL, namun terdapat pengaruh nyata (P<0,05) terhadap kolesterol dan penurunan HDL pada darah ayam broiler. Berdasarkan hasil penelitian pemberian air rebusan kunyit pada air minum ayam broiler dapat meningkatkan kadar HDL darah, tetapi tidak menurunkan kadar trigliserida, kolesterol dan LDL.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:57678
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:24 Oct 2017 15:03
Last Modified:24 Oct 2017 15:03

Repository Staff Only: item control page