KAJIAN POLA KETERKAITAN ANTARA AKSESSIBILITAS PERGERAKAN DENGAN PUSAT-PUSAT PERKOTAAN DI KOTA BANDA ACEH

KHAIRI, NAZARUL (2004) KAJIAN POLA KETERKAITAN ANTARA AKSESSIBILITAS PERGERAKAN DENGAN PUSAT-PUSAT PERKOTAAN DI KOTA BANDA ACEH. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
30Kb

Official URL: http://mpwk.undip.ac.id

Abstract

Dalam perkembangannya, kota akan tumbuh dan berkembang mengisi ruang - ruang kota sesuai dengan fungsinya. Dalam proses perkembangannya menimbulkan pergerakan secara internal pada masing – masing ruang dengan fungsi kegiatan tertentu. Oleh karena itu, kota akan semakin berkembang dan akan membentuk pola tersendiri sesuai dengan kegiatan yang terjadi di kota tersebut . Hal ini juga terjadi di Kota Banda Aceh dimana perkembangan sistem aktivitas di sepanjang kawasan koridor Jalan Utara– Selatan beralih fungsi sehingga menimbulkan tarikan pergerakan baru yang terus menambah arus pergerakan pada ruas jalan tersebut. Dari permasalahan ini maka perlu dikaji keterkaitan antara aksessibilitas pergerakan dengan pusat–pusat perkotaan di Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pola keterkaitan antara aksessibilitas pergerakan dengan tarikan dari kegiatan pada sisi jalan dipusat – pusat perkotaan di Kota Banda Aceh. Metode pendekatan penelitian untuk melihat karakteristik sub sistem kegiatan, jaringan dan pergerakan dalam sistem transportasi makro. Metode Analisis data yang digunakan adalah 1. analisis deskriptif wilayah kajian yang terdiri dari analisis karakteristik aktivitas pada sisi jalan, dan analisis karakteristik jalan; 2.analisis tingkat tarikan dari aktivitas pada sisi jalan; 3.analisis pengaruh pergeraan dari aktivitas pada sisi jalan; 4.analisis hubungan aksesbilitas dengan tarikan pergerakan dari kegiatan disisi ruas jalan pada pusat – pusat perkotaan; 5. analisis spasial terhadap peningkatan kinerja jalan. Dari hasil analisis pengaruh tarikan dari kegiatan pada zona cluster naik sebesar 0,09% atau 0,05 smp/jam tiap penambahan 1000 M2 luas lantai. Pada zona linier dengan guna lahan campuran naik sebesar 2,3% atau 2,06 smp/jam tiap penambahan 1000 M2, sedangakan dengan guna lahan tunggal naik sebesar 52,3 % atau 2,3 smp/jam bila 2000 M2. Dari hasil analisis keterkaitan aksessibilitas dengan tarikan dari guna lahan membuktikan ada hubungan yang signifikan antara kecepatan rata-rata dengan tarikan dan volume lalulintas pada ruas Jalan Tgk. Cik Pantee Kulu dan Jalan Tgk . M Daud Beureruh, sedangkan pada Jalan T. Nyak Arief tidak dipengaruhi tarikan aktivitas. Hal ini disebabkan di Jalan T. Nyak Arief merupakan kawasan yang mempunyai fungsi kegiatan adalah perkantoran, dimana kawasan perkantoran hanya mempunyai peak hour pada pagi hari saja. Keberadaan aktivitas komersial seperti pertokoan pada sisi ruas jalan secara langsung ikut membebani jalan. Pengaruh tarikan karena luas lantai operasional yang diindikasikan adanya penurunan kecepatan rata-rata seiring penambahan operasional kegiatan pada sisi jalan dengan guna lahan campuran baik pada zona linier ataupun cluster. Pada zona cluster dengan luas lantai operasional 1.056 M2 kecepatan rata-rata 22 km/jam dengan LOS B turun menjadi 10 km/jam saat luas lantai operasional 10.522M2 dengan LOS F. Pada zona linier denganluas lantai operasional 7.780 M2 kecepatan rata-rata 31 km/jam dengan LOS C turun menjadi 23 km/jam saat lluas lantai operasional 14.066 M2 dengan LOS E. Optimalisasi sistem suplai dengan tetap mempertahankan fungsi lahan melalui penertiban pedagang informal dan penataan parkir pada sisi badan jalan serta perubahan fungsi jalan untuk pejalan kaki pada zona cluster diharapkan dapat memulihkan kinerja jaringan pada kedua zona kajian tersebut. Kata Kunci : Aksessibilitas, Tarikan, Aktivitas xiii

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Aksessibilitas, Tarikan, Aktivitas. Accessibility, Attraction, Activities.
Subjects:H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Urban and Regional Planning
ID Code:5767
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Jan 2010 09:45
Last Modified:11 Feb 2010 09:35

Repository Staff Only: item control page