AKIBAT HUKUM ATAS PENERAPAN SISTEM PERJANJIAN KERJA WAKTU TERTENTU DI PT. HANDSOME TEXTILE BERDASARKAN UNDANG - UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003

Yanti Rahayu , Kosmasari (2015) AKIBAT HUKUM ATAS PENERAPAN SISTEM PERJANJIAN KERJA WAKTU TERTENTU DI PT. HANDSOME TEXTILE BERDASARKAN UNDANG - UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
41Kb

Abstract

Penerapan sistem perjanjian kerja waktu tertentu dalam suatu perusahaan kerap kali dilaksanakan tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, dalam hal ini adalah Undang - Undang Nomor13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Seperti halnya pada perubahan status pekerja waktu tertentu menjadi pekerja tidak tertentu yang dilaksanakan ketika sudah menjalani 2 (dua) kali kontrak kerja waktu tertentu dan paling lama 3 (tiga) tahun. Permasalahannya adalah bagaimana penerapan sistem perjanjian kerja waktu tertentu di PT. Handsome Textile berdasarkan Undang - Undang. Nomor 13 Tahun 2003 dan akibah hukum yang timbul atas penerapan sistem perjajian kerja waktu tertentu di PT. Handsome Textile. Adapun tujuan penelitian tesis ini, yaitu : mengetahui dan menganalisis penerapan sistem perjanjian kerja waktu tertentu di PT. Handsome Textile dan mengetahui akibat hukum atas penerapan sistem perjanjian kerja waktu tertentu di PT. Handsome Textile. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Yuridis Empiris. Pendekatan tetap dalam ranah hukum, hanya perspektifnya yang berbeda. Jenis data yg digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer. PT. Handsome Textile tidak sepenuhnya menerapkan sistem perjanjian kerja waktu tertentu berdasarkan ketentuan Undang - Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan sehingga mengakibatkan perjanjian yang dibuatnya batal demi hukum berdasarkan ketentuan Pasal 59 Ayat (6) Undang-Undang Ketenagakerjaan. Saran : pengusaha dan serikat pekerja diharapkan memberikan sosialisasi kepada pekerja mengenai peraturan ketenagakerjaan dan peraturan perusahaan, agar pekerja mengetahui dan memahami mengenai peraturan yang mengaturnya.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Akibat Hukum,Sistem Perjanjian Kerja,Waktu Tertentu,
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57419
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:17 Oct 2017 11:15
Last Modified:17 Oct 2017 11:15

Repository Staff Only: item control page