PERLINDUNGAN HUKUM HAK CIPTA TERHADAP PENYEBARAN ANIME BER-SUBTITLE YANG DIUNGGAH KOMUNITAS ONLINE TERTENTU SECARA ILEGAL

Rachmawati , Hakim (2015) PERLINDUNGAN HUKUM HAK CIPTA TERHADAP PENYEBARAN ANIME BER-SUBTITLE YANG DIUNGGAH KOMUNITAS ONLINE TERTENTU SECARA ILEGAL. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
51Kb

Abstract

Hak Cipta merupakan hak yang lahir begitu Ciptaan selesai dibuat. Anime merupakan Ciptaan di bidang seni yang padanya melekat Perlindungan Hukum Hak Cipta. Sekarang ini anime dikonsumsi melalui penguduhan ilegal. Pengunduhan ini sudah menjadi hal yang umum di kalangan penggemar anime. Permasalahan penelitian ini adalah faktor apa yang menyebabkan penyebaran anime ber-subtitle melalui unggahan internet menjadi semakin marak di Indonesia dan bagaimana Hukum Indonesia berperan dalam menindak penyebaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode yuridis normatif. Metode ini mengkhususkan pada kaidah-kaidah hukum meliputi bahan hukum UUHC, UU Perfilman, dan UUITE. Hasil Penelitian ini adalah pertama, faktor yang menyebabkan penyebaran anime ber-subtitle menjadi semakin marak di Indonesia meliputi faktor ketiadaan fasilitas legal yaitu tidak ditayangkan televisi lokal Indonesia, penayangan yang berulang, penayangan oleh televisi langganan, dan CV/DVD anime legal, faktor ekonomi yang memberikan keuntungan ekonomi bagi pengunggah dan pengunduh, faktor kemudahan, faktor kecepatan, dan faktor kesadaran individu berupa rasa ketidakpuasan, rasa penasaran, ataupun rasa ketidaksabaran. Kedua, peran Hukum Indonesia dalam menindak penyebaran anime ilegal belum nyata dan tegas. Sarannya yaitu Pemerintah Indonesia seharusnya bisa mencontoh upaya Pemerintah Jepang yang bersatu dengan berbagai kalangan demi memberantas pembajakan anime ber-subtitle. Peran masyarakat sangat diperlukan dalam pemberantasan pembajakan anime di Indonesia. Pengaduan dari masyarakat membantu penegakkan hukum Hak Cipta.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Perlindungan Hukum, Hak Cipta, Anime Ber-Subtitle, Ilegal, Komunitas Online.
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57269
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:16 Oct 2017 08:36
Last Modified:16 Oct 2017 08:36

Repository Staff Only: item control page