IMPLIKASI TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) PERBANKAN TERHADAP USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH

HANIF, NUR SUSETYO (2015) IMPLIKASI TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) PERBANKAN TERHADAP USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
51Kb

Abstract

Keberadaan suatu perusahaan tidak dapat dipisahkan dari masyarakat sebagai lingkungan eksternalnya. Terdapat 2 (dua) aspek yang perlu diperhatikan agar perusahaan dan masyarakat tetap berjalan seimbang, yaitu ekonomi (profit) dan sosial (kontribusi secara langsung). Kontribusi secara langsung dapat melalui tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility). Tahun 2012 dikeluarkan Surat Edaran Nomor SE:S.02-DIR/MKR/01/2012 yang berisi bahwa penyaluran tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dalam hal membantu para pelaku usaha mikro kecil dan menengah dengan cara meningkatkan modal usaha. Permasalahannya adalah implikasi pelaksanaan CSR perbankan terhadap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dan hambatan pelaksanaan UMKM melalui CSR sehingga tidak dapat memajukan masyarakat. Penelitian ini menggunakan yuridis empiris dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis, yang sifatnya hanya menggambarkan keseluruhan keadaan objek penelitian, gambaran tersebut akan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan yang bersifat umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikasi pelaksanaan CSR perbankan pada UMKM dalam memajukan masyarakat dengan cara program restrukturisasi kredit yang disertai dengan pemberian potongan atas pokok hutang (haircut) dan penghapusan total atas tunggakan bunga dan denda (write-off) terhadap kredit macet. Peningkatan modal tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya karena adanya penyimpangan yang membuat peningkatan modal UMKM melalui CSR terhambat. Hambatan mencakup internal dan eksternal, internal meliputi pemberian modal tidak tepat sasaran, kurangnya akses permodalan, keterbatasan sumber daya manusia dalam mengelola usaha. Sedangkan hambatan eksternal meliputi adanya upaya pemboikotan, iklim usaha belum sepenuhnya kondusif, terbatasnya sarana dan prasarana usaha, implikasi otonomi daerah, implikasi perdagangan bebas, sifat produk dengan masa kegunaan pendek, terbatasnya akses pasar.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Implikasi, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57187
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:12 Oct 2017 15:35
Last Modified:12 Oct 2017 15:35

Repository Staff Only: item control page