KEABSAHAN HIBAH WASIAT YANG DIBERIKAN KEPADAANAK KEDUA DARI PERKAWINAN KEDUA YANG DIINGKARI AHLI WARIS DARI PERKAWINAN PERTAMA MENURUT HUKUM ADAT (Studi Terhadap Hibah Wasiat Di Desa Banjarsari Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes)

HAERUL ILHAM , NUGRAHA (2015) KEABSAHAN HIBAH WASIAT YANG DIBERIKAN KEPADAANAK KEDUA DARI PERKAWINAN KEDUA YANG DIINGKARI AHLI WARIS DARI PERKAWINAN PERTAMA MENURUT HUKUM ADAT (Studi Terhadap Hibah Wasiat Di Desa Banjarsari Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]Microsoft Word
11Kb

Abstract

Proses pewarisanataupengoperanhartakekayaandalamhukumadatdapatterjadiketi kapewarismasihhidupmaupunterjadiketikapewarismeninggaldunia. Proses pewarisanketikapewarismasihhidupumumnyadisebutpenghibahan. Proses pewarisanketikapewarismeninggalduniadisebutpewarisanbiasamaupunde nganwasiat . Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanakeabsahanhibahwa siat yang diberikankepadaanakkeduadariperkawinankedua yang diingkariahliwarisdariperkawinanpertamadanuntukmengetahuiakibathuku mbagipenerimahibahwasiat yang isinyadiingkariahliwaris. Metodependekatanyang digunakanadalahsocio legaldenganspesifikasipenelitiandeskriptifanalitis.Jenisdata yang dipergunakanadalahdata primer dan data sekunder.Teknikmengumpulkandatayang dipergunakanyaitumelaluimetodewawancara, metodepenelitianlapangan, danmetodedokumentasiataubahanpustaka.Analisisdata menggunakananalisisdeskriptifkualitatif. Berdasarkanpenelitianinidiperolehhasil:Pertama, keabsahanhibahwasiat yang diberikankepadaanakkeduadariperkawinankedua yang diingkariahliwarisdariperkawinanpertamabahwa berdasarkan Yurisprudensi MahkamahAgungNo. 990 K/Sip/1974 disebutkanhibahwasiattidakbolehmerugikanahli waris. Hibah wasiat yang diberikan kepada anak kedua dari perkawinan kedua adalah tidak sah karena dengan hibah wasiat tersebut hak ahli waris lain dirugikan karena objek hibah wasiat merupakan harta yang juga menjadi hak ahli waris lain dari perkawinan pertama, sehingga yang berhak atas harta tersebut tidak hanya ahli waris perkawinan kedua tetapi juga ada hak ahli waris dari perkawinan pertama. Kedua,akibathukumbagipenerimahibahwasiat yang isinyadiingkariahliwaris adalah tidak sah sehingga isiwasiattidakdapatdilaksanakan. Dalampelaksanaanhibahwasiatseharusnyasipemberiwasiatharusmem perhatikanobjek yang akan di wasiatkankarenadapatterjadidalamobjeknyaadahak orang lain yang dilanggar. Sehinggaterhadaphibahwasiattersebuttidakdapatdilaksanakan

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:KeabsahanHibahWasiat, HibahWasiat, AkibatHukum
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57184
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:12 Oct 2017 15:23
Last Modified:12 Oct 2017 15:23

Repository Staff Only: item control page