PENGATURAN DAN STRATEGI PENANGGULANGAN DAMPAK LINGKUNGAN PENCEMARAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI BANTARAN SUNGAI BANJIR KANAL TIMUR KOTA SEMARANG

: Muhammad Alfaruq Nirwana, S.H., Alfaruq (2017) PENGATURAN DAN STRATEGI PENANGGULANGAN DAMPAK LINGKUNGAN PENCEMARAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI BANTARAN SUNGAI BANJIR KANAL TIMUR KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]Microsoft Word
4Mb

Abstract

ABSTRAK Air sangat berperan penting di dalam kehidupan manusia dan juga makhluk hidup lainnya. Tindakan manusia dalam pemenuhan kegiatan sehari-hari, secara tidak sengaja telah menambah jumlah bahan anorganik pada perairan dan mencemari air. Pencemaran yang terjadi di sekitar daerah aliran sungai ini menjadi hal yang sudah biasa dan lumrah terjadi terkait banyaknya pemukiman dan industri yang berada di sekitarnya, terutama mengenai pencemaran sampah rumah tangga yang di buang begitu saja di bantaran sungai. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengaturan yang terkait dengan pengelolaan sampah di Kota Semarang, dampak yang terjadi dengan adanya sampah rumah tangga bagi lingkungan sekitarnya, serta strategi penanggulangan dampak lingkungan pencemaran sampah rumah tangga di bantaran sungai Banjir Kanal Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan tesis ini yaitu “Socio Legal Research” yang menggunakan data primer yang diperoleh melalui penelitian lapangan dengan cara wawancara secara langsung dengan narasumber dan data skunder yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier, yang kemudian akan dianalisis menggunakan metode analisa kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan ini adalah Pengaturan terkait dengan pengelolaan sampah di Kota Semarang di atur dalam Perda Nomor 6 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah. Dengan adanya Perda tentang Pengelolaan Sampah ini diharapkan mampu memberdayakan masyarakat terutama warga semarang pada khususnya untuk bisa memanfaatkan dan mengelola sampah. Dalam Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 sendiri dijelaskan mengenai adanya upaya pengelolaan lingkungan hidup yang konsisten dan sungguh-sungguh oleh semua pemangku kepentingan serta di dukung oleh masyarakat sekitar dalam rangka memelihara kualitas lingkungan hidup yang semakin menurun dan mengancam kelangsungan perikehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya; Dampak yang terjadi dengan adanya pencemaran sampah diantaranya terjadinya Berkurangnya kandungan oksigen; Adanya bau yang tidak sedap; Dapat menyebabkan banjir dan luapan air sungai pada saat terjadi musim hujan; Kualitas air sungai yang tidak memenuhi parameter baku mutu air sungai; Berdasarkan analisis SWOT dapat diperoleh beberapa strategi penanggulangan sampah diantaranya Mendukung program Pemerintah Kota untuk menormalisasi kawasan bantaran sungai Banjir Kanal Timur; Merelokasi perumahan kumuh dan PKL Barito di sekitar bantaran sungai Banjir Kanal Timur; Membentuk wadah komunikasi/paguyuban antara Walikota dan warga masyarakat terkait program relokasi melalui pendekatan yang manusiawi; Memberikan solusi terkait relokasi bagi perumahan kumuh dan PKL Barito di bantaran singai Banjir Kanal Timur. Kata Kunci : Pengaturan dan Strategi, Penanggulangan, Pencemaran.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:K Law > KD England and Wales
K Law > KF United States Federal Law
K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Law
ID Code:57108
Deposited By:Mr. MIH
Deposited On:12 Oct 2017 10:19
Last Modified:12 Oct 2017 10:19

Repository Staff Only: item control page