EKSEKUSI OBJEK JAMINAN FIDUSIA MELALUI PENJUALAN DI BAWAH TANGAN (STUDI KASUS PADA BPR PRIMA NADI CAKRANEGARA MATARAM NTB)

ZAENAL , ARIFIN (2012) EKSEKUSI OBJEK JAMINAN FIDUSIA MELALUI PENJUALAN DI BAWAH TANGAN (STUDI KASUS PADA BPR PRIMA NADI CAKRANEGARA MATARAM NTB). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
52Kb

Abstract

Eksekusi Objek Jaminan Fidusia Melalui Penjualan Di Bawah Tangan (Studi Kasus Pada BPR Prima Nadi Cakranegara Mataram NTB) Salah satu cara eksekusi jaminan fidusia adalah dengan melakukan penjualan di bawah tangan yang dilakukan berdasarkan kesepakatan Pemberi dan Penerima Fidusia jika dengan cara demikian dapat diperoleh harga tertinggi yang menguntungkan para pihak. Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan di atas, penulis dapat menarik rumusan masalah yang akan diangkat dalam penelitian ini sebagai berikut : Bagaimanakah eksekusi objek jaminan fidusia melalui penjualan di bawah tangan pada BPR Prima Nadi Cakranegara Mataram NTB ? Kendala apa yang dihadapi dalam pelaksanaan eksekusi objek jaminan fidusia melalui penjualan di bawah tangan pada BPR Prima Nadi Cakranegara Mataram NTB ? Penelitian ini merupakan penelitian hukum yang menggunakan pendekatan yuridis empiris (empiric legal research). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai permasalahan yang akan diteliti dan dilihat dari sifatnya, dapat dikatakan sebagai penelitian yang bersifat deskriptif analitis. Penelitian ini menggunakan metode analisa kualitatif Hasil penelitian menunjukkan eksekusi objek jaminan fidusia melalui penjualan di bawah tangan pada BPR Prima Nadi Cakranegara Mataram NTB dilakukan dengan menjual sendiri objek jaminan fidusia maupun memberikan kesempatan kepada debitor untuk menjual benda jaminan tersebut agar mendapatkan harga jual yang menguntungkan. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan eksekusi objek jaminan fidusia melalui penjualan di bawah tangan pada BPR Prima Nadi Cakranegara Mataram NTB, yaitu barang jaminan di jual oleh debitor ke pihak ketiga, barang jaminan di gadaikan secara di bawah tangan antara penerima jaminan dengan pihak ketiga.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Eksekusi, Objek Jaminan Fidusia, Penjualan di Bawah Tangan
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:56958
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:09 Oct 2017 15:22
Last Modified:09 Oct 2017 15:22

Repository Staff Only: item control page