PENANGANAN PERKARA PIDANA YANG MELIBATKAN MASYARAKAT MISKIN OLEH ADVOKAT BERBASIS NILAI KEADILAN DALAM PERSPEKTIF SOCIO LEGAL

Rezky Tamelah, SH, Tamelah (2017) PENANGANAN PERKARA PIDANA YANG MELIBATKAN MASYARAKAT MISKIN OLEH ADVOKAT BERBASIS NILAI KEADILAN DALAM PERSPEKTIF SOCIO LEGAL. Masters thesis, UNDIP.

[img]Microsoft Word
21Kb

Abstract

ABSTRAK PENANGANAN PERKARA PIDANA YANG MELIBATKAN MASYARAKAT MISKIN OLEH ADVOKAT BERBASIS NILAI KEADILAN DALAM PERSPEKTIF SOCIO LEGAL Pemberian bantuan hukum bagi masyarakat miskin adalah salah satu bentuk tindakan dari profesi advokat yang sangat mulia dan merupakan gerakan moral yang memperjuangkan Hak Asasi Manusia, faktanya, tidak semua advokat menyadari secara moral kewajibannya tersebut. Masih banyak ditemukan berbagai penyimpangan-penyimpangan dalam pemberian bantuan hukum bagi masyarakat miskin. Kondisi ini tentu bertentangan dengan nilai-nilai luhur dari profesi advokat itu sendiri, dengan adanya hal ini, yang menunjukkan masih bisa ditemukan penyimpangan-penyimpangan dalam prakteknya Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah mengapa advokat belum menerapkan nilai keadilan dalam menangani perkara pidana yang melibatkan masyarakat miskin, bagaimana dampak Advokat yang belum menerapkan nilai keadilan dalam menangani perkara pidana yang dalam hal ini melibatkan masyarakat miskin serta bagaimana pola/ model penanganan perkara pidana terhadap masyarakat miskin oleh advokat yang berbasis nilai keadilan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan socio-legal research yang bersumber dari pengumpulan data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder, kemudian dianalisis dengan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian ini pada akhirnya memberikan jawaban bahwa Advokat yang belum menerapkan nilai keadilan dalam menangani perkara pidana yang melibatkan masyarakat miskin adalah karena faktor substansi hukum (legal substance), struktur hukum (legal structure), dan budaya hukum (legal culture), dampak Advokat yang belum menerapkan nilai keadilan dalam menangani perkara pidana terhadap masyarakat miskin adalah seperti timbulnya ketidakpercayaan masyarakat pada hukum, selain itu model penanganan perkara pidana terhadap masyarakat miskin oleh advokat yang berbasis nilai keadilan adalah dengan diterapkannya strategi-stragei yang bersifat konstruktif, yaitu seperti: Perencanaan Legislasi, Kebijakan dan Aktivitas yang terkait dengan Pemenuhan Hak atas Bantuan Hukum. Saran dari penelitian ini adalah kepada para Advokat terkait Integritas, moralitas, idealisme, dan profesionalitas aparat penegak hukum harus lebih ditingkatkan lagi, selain itu pembatasan-pembatasan dalam pemberian bantuan hukum di LBH juga harus ditinjau kembali demi menegakkan asas pemberian bantuan hukum seluas-luasnya (access to legal counsel) dan asas equality before the law. Kata Kunci: Perkara Pidana, Masyarakat Miskin, Advokat dan Nilai Keadilan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Law
ID Code:56921
Deposited By:Mr. MIH
Deposited On:09 Oct 2017 10:06
Last Modified:09 Oct 2017 10:06

Repository Staff Only: item control page