PERJANJIAN KREDIT DENGAN JAMINAN SURAT KEPUTUSAN PENGANGKATAN PEGAWAI NEGERI SIPIL (STUDI DI PD. BPR JEPARA ARTHA KABUPATEN JEPARA)

Ridhol , Wasiq (2012) PERJANJIAN KREDIT DENGAN JAMINAN SURAT KEPUTUSAN PENGANGKATAN PEGAWAI NEGERI SIPIL (STUDI DI PD. BPR JEPARA ARTHA KABUPATEN JEPARA). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
30Kb

Abstract

Tesis ini berjudul “Perjanjian Kredit dengan Jaminan Surat Keputusan Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil”. Meskipun berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil, tidak menghalangi seseorang untuk meminjam uang di bank. PD. BPR Jepara Artha sebagai salah satu bank yang ada di Jepara notabene bank Pemerintah Daerah Jepara memberikan fasilitas kredit untuk pegawai. Perjanjian kredit tersebut memunculkan beberapa permasalahan, yaitu : Bagaimana pelaksanaan perjanjian kredit dengan jaminan SK Pengangkatan PNS, Bagaimana upaya penyelesaiannya apabila debitor wanprestasi. Dengan perumusan masalah tersebut, tujuan penelitian akan dapat diketahui, yaitu : Untuk mengetahui, mengkaji, dan menganalisis pelaksanaan perjanjian kredit dengan jaminan SK Pengangkatan PNS, Untuk mengetahui, mengkaji, dan menganalisis upaya yang dilakukan kreditor apabila debitor wanprestasi. Metode penelitian dilakukan melalui pendekatan yuridis empiris. Pendekatan yuridis empiris merupakan penelitian yang berusaha menghubungkan antara norma hukum yang berlaku dengan kenyataan yang ada di masyarakat. Bentuk perjanjian kredit di BPR Jepara Artha di bawah tangan serta standar baku. Perjanjian standar baku merupakan perjanjian yang seluruh klausulanya sudah dibakukan, dan pihak lain tidak memiliki peluang untuk merundingkan. Dalam perjanjian kredit tersebut, BPR Jepara Artha memberikan syarat bagi PNS dengan menggunakan foto copy SK Pengangkatan PNS. Kredit macet dapat diisebabkan karena mutasi/alih tugas; bendahara gaji; dan pensiun dini. Nasabah debitor yang kesulitan dalam memenuhi kewajibannya, bank/kreditor sudah sepantasnya memberlakukan penghapusbukuan, sehingga debitor dinyatakan bebas utang. Langkah ini sebagai solusi terakhir yang dapat ditempuh ketika sudah tidak ada lagi jalan lain. Pembuatan draft perjanjian di BPR Jepara Artha berbentuk di bawah tangan. Setiap perbuatan hukum terutama mengenai perjanjian sebaiknya menggunakan akta notariil.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Perjanjian Kredit, Jaminan, SK Pengangkatan PNS.
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:56706
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:04 Oct 2017 10:13
Last Modified:04 Oct 2017 10:13

Repository Staff Only: item control page