ANALISIS YURIDIS PUTUSAN PENGADILAN DALAM PERKARA PELANGGARAN HAK CIPTA (Studi Putusan Pengadilan Negeri Klas I a Jayapura Nomor 256/Pd.B/2005/PN-JPR)

Raehlis , Muin (2012) ANALISIS YURIDIS PUTUSAN PENGADILAN DALAM PERKARA PELANGGARAN HAK CIPTA (Studi Putusan Pengadilan Negeri Klas I a Jayapura Nomor 256/Pd.B/2005/PN-JPR). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
31Kb

Abstract

Pembajakan hak kekayaan intelektual di bidang hak cipta sangat memprihatinkan, terutama pembajakan atas karya cipta ini dilakukan lewat berbagai media berupa VCD, DVD dari tahun ke tahun makin marak. Peredaran barang bajakan ini seolah dianggap sah, hal ini terlihat dari tindakan aparat Penegak Hukum yang tidak sejalan dengan Penegakan Hukum. Penelitian ini merupakan penelitian hukum menggunakan metode yuridis Normative dan wawancara kepada konsumen, penjual VCD/DVD, aparat penegak hukum. Konsumen yang dijadikan sebagai responden pelajar dan mahasiswa didasarkan pada Kualifikasi tingkat pendidikan yang dimiliki. Pada penelitian ini spesifikasi yang dipergunakan adalah secara spesifik deskriptif analisis yang menguraikan data yuridis normative dari bahan pustaka atau penelitian hukum kepustakaan. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan Perlindungan Hukum terhadap Hak Cipta terhadap pembajakan sudah diterapkan di Indonesia hal ini terbukti berdasarkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta yang dijadikan dasar pelangaran adalah Pasal 72 ayat (2) tentang Ketentuan Pidana. Berdasarkan hasil penelitian ini Apakah Putusan Hakim Pengadilan dalam Perkara nomor 256/Pid.B/2005/PN-JPR belum maksimal sebagai suatu kenyataan sesuai dengan UUHC dalam penegakan hukumnya. Berdasarkan simpulan tersebut, saran yang dapat dikemukakan adalah : (1) Membentuk Dewan Hak Cipta berdasarkan Pasal 48 UUHC di kota Jayapura, untuk membantu Pemerintah dalam memberikan penyuluhan dan bimbingan serta pembinaan Hak Cipta mengenai Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta. Sedangkan implementasi dari suatu aturan hukum tergantung pada upaya-upaya dan langkah-langkah yang diambil oeleh penegak hukum yang berwenang.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Pembajakan, Penegakan Hukum, Hak Cipta, VCD, DVD
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:56697
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:04 Oct 2017 09:26
Last Modified:04 Oct 2017 09:26

Repository Staff Only: item control page