HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY INTELLIGENCE DENGAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 CILIMUS KABUPATEN KUNINGAN

Suhandi, Heri Setiawan and Sawitri, Dian Ratna (2017) HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY INTELLIGENCE DENGAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 CILIMUS KABUPATEN KUNINGAN. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
599Kb

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubunganantara adversity intelligence denganmotivasi belajar dalam mata pelajaran Matematika pada siswa kelas XI SMA N 1 Cilimus. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA dan IPS di SMA N 1 Cilimus sebanyak 355 orang. Teknik Sampling yang digunakan adalah cluster random sampling dengan jumlah subjek sebanyak 176 orang, baik dari jurusan IPA maupun IPS. Alat ukur yang digunakan berupa skala, terdiri atas Skala Adversity Intelligence (25 item valid; α =.88) dan skalaMotivasi Belajar dalam Mata Pelajaran Matematika (41 item valid; α = .94). Analisis regresi sederhana menunjukan ada korelasi positif yang signifikan antara adversity intelligence dengan motivasi belajar dalam mata pelajaran Matematika, r_xy= .78 (p<.001), artinya semakin tinggi adversity intelligence yang dimiliki siswa semakin tinggi motivasi belajarnya dalam matapelajaran Matematika. Adversity intelligence memberikan sumbangan efektif pada motivasi belajar dalam matapelajaran Matematika sebesar 61%. Siswa diharapkan dapat mempertahankan atau meningkatkan adversity intelligence yang dimiliki, guru diharapkan membantu siswa dalam proses belajar dengan menggunakan metode yang mudahdi pahami, dan peneliti selanjutnya diharapkandiharapkan dapat melakukan penelitian mengenai korelasi antara motivasi belajar dengan variabel antisenden lain atau pada tingkat pendidikan yang lebih awal. Kata kunci: motivasi belajar, Matematika, adversity intelligence, siswa SMA, kelas XI

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:56406
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Sep 2017 09:00
Last Modified:28 Sep 2017 09:00

Repository Staff Only: item control page