Hubungan Orientasi Tujuan Penguasaan dan Berpikir Positif dengan Efikasi Diri Akademik dalam Pelajaran Matematika pada SiswaSMA

Ulfah, Nurul and Listiara, Anita (2017) Hubungan Orientasi Tujuan Penguasaan dan Berpikir Positif dengan Efikasi Diri Akademik dalam Pelajaran Matematika pada SiswaSMA. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
250Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan orientasi tujuan penguasaan dan berpikir positif dengan efikasi diri akademik dalam pelajaran matematika pada siswa SMA. Efikasi diri akademik dalam pelajaran matematika adalah keyakinan individu akan kemampuannya untuk menyelesaikan tugas matematika. Subjek penelitian 140 siswa kelas XI dan XII SMA Mardisiswa Semarang yang didapatkan dengan teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah skala efikasi diri akademik dalam pelajaran matematika (30 aitem, α = .933), skala orientasi tujuan penguasaan (34 aitem, α = .923), dan skala berpikir positif (17 aitem, α = .873). Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara orientasi tujuan penguasaan dan efikasi diri akademik dalam pelajaran matematika (r = .496; p = .000; p < .05) serta ada hubungan positif yang signifikan antara berpikir positif dan efikasi diri akademik dalam pelajaran matematika (r = .345; p = .000; p < .05). Orientasi tujuan penguasaan memberikan sumbangan efektif sebesar 24.6% terhadap efikasi diri akademik dalam pelajaran matematika dan berpikir positif memberikan sumbangan efektif sebesar 11.9% terhadap efikasi diri akademik dalam pelajaran matematika.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:56299
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Sep 2017 14:57
Last Modified:25 Sep 2017 14:57

Repository Staff Only: item control page