HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEPATUHAN PASIEN DALAM MENJALANKAN 4 PILAR PENGELOLAAN DIABETES MELITUS TIPE 2 YANG BEROBAT DI PUSKESMAS ROWOSARI

Prawirasatra, Wahyu Adhitya and WAHYUDI , FIRDAUS and NUGRAHENI, ARWINDA (2017) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEPATUHAN PASIEN DALAM MENJALANKAN 4 PILAR PENGELOLAAN DIABETES MELITUS TIPE 2 YANG BEROBAT DI PUSKESMAS ROWOSARI. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
190Kb
[img]
Preview
PDF
135Kb
[img]
Preview
PDF
420Kb
[img]
Preview
PDF
379Kb

Abstract

Latar Belakang: Penanganan terapi Diabates melitus dilakukan seumur hidup sehingga membutuhkan dukungan keluarga yang baik. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hubungan antara dukungan keluarga ditinjau dari empat dimensi dengan kepatuhan pasien dalam menjalankan 4 pilar pengelolaan DM tipe 2 di Puskesmas Rowosari. Metode: Desain dalam penelitian ini adalah analitik cross sectional dengan jumlah sampel 74 pasien DM tipe 2. Analisa data menggunakan Chi square, Mann Whitney dan Analisis stratifikasi dengan Mentel Haenszel. Hasil : Hasil penelitian didapatkan variabel yang berhubungan dengan kapatuhan 4 pilar pengelolaan DM tipe 2 yaitu status ekonomi ( p value 0.001), komplikasi ( p value 0.045). Terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan pasien dalam menjalankan 4 pilar pengelolaan DM tipe 2 ( p value 0.001). Dengan menggunakan analisis stratifikasi didapatkan tingkat pendidikan, status ekonomi dan komplikasi dapat mempengaruhi dukungan keluarga terhadap kepatuhan dalam menjalankan 4 pilar pengelolaan DM tipe 2. Simpulan : Dapat disimpulkan terdapat hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan pasien dalam menjalankan 4 pilar pengelolaan DM tipe 2. Dan terdapat pengaruh hubungan (tingkat pendidikan, status ekonomi dan komplikasi) yang mempengaruhi hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan pasien dalam menjalankan 4 pilar pengelolaan DM tipe 2. Kata kunci : Dukungan Keluarga, 4 Pilar Pengelolaan DM tipe 2, Kepatuhan Pasien.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:56273
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Sep 2017 10:52
Last Modified:25 Sep 2017 10:52

Repository Staff Only: item control page