Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Coping Strategy pada Taruna Tingkat I dan II STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor

Fardhani , Nurul Maulidya Sekar and Kristiana, Ika Febrian (2017) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Coping Strategy pada Taruna Tingkat I dan II STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img]
Preview
PDF
105Kb

Abstract

Sekolah kedinasan seringkali menuntut tarunanya untuk tangguh secara mental dan fisik. Kehidupan berasrama dengan tuntutan sosial dan akademik yang dihadapi taruna seringkali menjadi stressor tersendiri selama menempuh pendidikan di kampus. Usaha yang dilakukan individu dalam menghadapi stressor dinamakan coping strategy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan coping strategy pada taruna STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan individu dalam mengenali emosi diri sendiri dan emosi orang lain serta menggunakan emosinya untuk mengatasi tuntutan di lingkungan. Subjek penelitian sebanyak 134 taruna yang diperoleh dengan metode cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian menggunakan skala coping strategy (65 aitem, α = .950) dan skala kecerdasan emosional (31 aitem, α = .914). Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dan coping strategy taruna dengan koefisien korelasi (r = 0.676; p = .000; p < .05). Kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif sebesar 45,7% pada coping strategy.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:56248
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Sep 2017 15:40
Last Modified:22 Sep 2017 15:40

Repository Staff Only: item control page